Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Cara Meningkatkan Memori Otak (Bagian 1)

Sumber foto: National GeographicSumber foto: National Geographic

Topcareer.id – Seiring bertambahnya usia, daya ingat pun akan menurun. Bagi banyak orang dewasa yang lebih tua, kemunduran ini bisa menjadi sangat serius sehingga mereka tidak lagi dapat hidup mandiri.

Untungnya, para ilmuwan telah belajar lebih banyak tentang kemampuan otak yang luar biasa untuk mengubah dan menumbuhkan koneksi saraf baru setiap hari, bahkan di usia tua. Konsep ini dikenal sebagai neuroplastisitas.

Untuk memanfaatkan sepenuhnya neuroplastisitas, kamu perlu melatih otak dan merawat tubuh. Mengutip healthline.com, Kamis (14/11/2019), berikut 10 metode efektif untuk meningkatkan daya ingat.

Bagian pertama dari tulisan.

Pelajari sesuatu yang baru
Kekuatan daya ingat seperti kekuatan otot. Semakin banyak digunakan, semakin kuat hasilnya. Kamu harus terus membuat otak tertantang. Mempelajari keterampilan baru merupakan cara terbaik untuk memperkuat kapasitas memori otak. Kamu harus menemukan sesuatu yang memaksamu keluar dari zona nyaman dan mengarahkan perhatian penuh kamu.

Biasakan mengulangi
Setiap kali kamu mempelajari sepotong informasi baru, ulangi apa yang kamu dengar. Coba gunakan dalam kalimat. Tuliskan dan baca dengan lantang. Pengulangan memperkuat koneksi antar neuron.

Baca juga: Tiga Makanan untuk Bantu Cegah Pikun Saat Masih Muda. Apa Saja?

Coba akronim, singkatan, dan mnemonik
Perangkat mnemonik dapat berupa akronim, singkatan, lagu, atau sajak. Mnemonic telah diuji sejak 1960-an sebagai strategi yang efektif bagi siswa. Kamu mungkin telah diajarkan beberapa perangkat mnemonic untuk mengingat daftar nama yang panjang. Misalnya, warna spektrum pelangi dapat diingat dengan nama Me ji ku hi bi ni u (Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu).

Informasi pengelompokan atau potongan
Ini mengacu pada proses membagi informasi yang baru dipelajari ke dalam kelompok atau potongan untuk menghasilkan lebih sedikit hafalan. Salah satu contohnya adalah memisah 12 digit nomor telepon menjadi tiga bongkahan terpisah (mis. 0821-3442-9059). Lebih mudah diingat bukan?

Membangun “istana pikiran”
Teknik istana pikiran sering digunakan oleh juara memori. Dengan teknik kuno yang biasa digunakan oleh Detektif Sherlock Holmes ini, kamu bisa menciptakan tempat visual dan kompleks untuk menyimpan serangkaian kenangan.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply