Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Bali dan Pulau Komodo Tak Direkomendasikan untuk Dikunjungi? Kenapa Ya?

Pulau Komodo. Sumber foto: WikimediaPulau Komodo. Sumber foto: Wikimedia

Topcareer.id – Media wisata asal Amerika Serikat (AS), Fodor’s Travel memasukkan Bali dan Pulau Komodo ke dalam list destinasi wisata yang tidak direkomendasikan untuk dikunjungi pada tahun 2020. Kenapa ya?

Ternyata, alasan Fodor’s Travel memasukkan Bali dan Pulau Komodo ke daftar ini berkaitan dengan lingkungan, etika, politik, hingga overtourism.

Bali yang menjadi destinasi utama bagi turis lokal maupun mancanegara disebutnya mengalami efek overtourism dalam beberapa tahun terakhir ini.

Hal ini menyebabkan banyak dampak negatif pada lingkungan di sana, terutama masalah sampah yang mencapai 3.800 ton perharinya.

Tidak hanya itu, Bali juga kerap mengalami masalah dari para turis yang sering berlaku tidak sopan di situs suci hingga di tempat-tempat ibadah.

Baca juga: Pemerintah: Taman Nasional Komodo Tidak Ditutup, Tapi Ditata Bersama

Sementara itu, wisata ke Pulau Komodo dianggap dapat menganggu kelestarian habitat komodo yang ada di sana, Mulai dari perburuan liar hingga turis yang kerap nekat memberi makan mereka.

Tidak heran, berbagai usaha dari pemerintah pun dilakukan untuk melindungi Pulau Komodo. Mulai dari wacana penutupan destinasi ini hingga wacana pemberlakuan tiket seharga Rp 14 juta rupiah.

Nah, setujukah kamu dengan apa yang ditulis oleh Fodor’s Travel?

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply