Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Cara Menghadapi Kritik dengan Elegan

Dok. Ambition.uk

Topcareer.id – Kritik walaupun ditujukan dengan maksud membangun terkadang tetap membuat seseorang merasa tersinggung atau defensif.

Ada baiknya bagi kamu untuk mempelajari seni dalam menerima kritikan dengan elegan agar kamu tidak merasa terlalu tertekan. Tujuannya juga agar bisa mengambil sisi positif dari kritikan.

Mengutip Americanexpress.com, Selasa (19/11/2019) berikut ini cara yang bisa kamu coba untuk menanggapi kritikan dengan anggun.

Baca juga: Dimarahi Orang? Ini Cara Menghadapinya

1.Dengarkan
Tanggapan pertama yang sebagian besar orang saat dikritik adalah menjadi defensif. Respons ini diperlihatkan dengan terbakar amarah. Pahamilah bahwa komentar yang paling menyakitkan pun bisa mengajari sesuatu pada dirimu sendiri. Tutup mulutmu, tutup pertahananmu dan dengarkan apa yang sebenarnya mereka katakan.

2. Ajukan pertanyaan
Untuk berkembang, kamu ingin memastikan bahwa kamu sepenuhnya memahami orang yang mengkritikmu. Ajukanlah pertanyaan pada pengkritik. Pertanyaan ini sangat penting jika kritik yang diterima tidak terlalu jelas. Dengan mengajukan pertanyaan klarifikasi seperti ini, kamu justru akan bisa menciptakan kerja sama dengan pemberi kritik.

3. Tanggapi
Jika kamu tidak setuju dengan kritik tersebut, dan kamu yakin itu bukan hanya ego, kamu bisa memberi tahu kritikus itu. Daripada menggunakan kemarahan, cobalah merespons dengan mengatakan sesuatu seperti, “Saya tidak menyadari saya menemukan cara seperti itu. Terima kasih telah membagikan pendapatmu pada saya. Dari sudut pandang saya, sepertinya …...” Isi bagian kosong ini dengan pendapat kamu yang sebenarnya.

Baca juga: Tanda Stres: Cemas, Mudah Marah, Sulit Tidur. Ini Cara Mengatasinya

4. Menekankan hal positif
Manajer kamu tidak mengkritikmu untuk melihatmu membela diri, manajermu ingin memastikan bahwa kamu mendengar apa yang mereka katakan, dan berencana untuk memasukkan feedback itu ke dalam perilaku masa depanmu.

Cobalah untuk merespons dengan menunjukkan yang positif. Katakan, “Terima kasih banyak atas umpan balik dari Bapak/Ibu manajer, saya ingin mengambil waktu untuk memikirkan hal ini agar saya bisa lebih baik lagi kedepannya.”

5. Menerimanya
Tidak bisa disangkal bahwa sulit untuk mendengar kritik atas dirimu yang tidak sempurna. Seraplah kritik tersebut. Rasakan sampai ke dalam hati. Dan kemudian bertanggung jawablah atas apa yang sudah salah. Banyak orang tidak mau mengakui kesalahan mereka dan malah menyalahkan orang lain. Jika kamu ikhlas menerima kritik dan mengakui kesalahan, kamu bisa menjadi jauh lebih baik.

6. Lakukan sesuatu yang baik untuk dirimu sendiri
Hal terpenting yang harus dilakukan ketika menerima kritik adalah melakukan sesuatu yang baik untuk dirimu sendiri. Luangkan waktu sebentar untuk melakukannya. Terkadang melakukan ini membantumu untuk bisa lebih memahami apa yang perlu kamu lakukan dalam meningkatkan diri.

Kamu tidak bisa menjadi lebih baik tanpa kritik. Ini bisa menjadi proses yang menyakitkan, tetapi pertumbuhan terjadi ketika kamu berusaha menerima kritik untuk menjadi lebih baik esok hari dan seterusnya. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply