Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

4 Bisnis Ini Sekarang Hilang Bagai Ditelan Bumi

Wartel. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Mau membuka usaha? Apa sudah kamu pikirkan suatu saat nanti usaha kamu akan hilang bagai ditelan bumi?

Bagi kamu generasi 1990-an pasti pernah tahu nih 4 bisnis yang dulunya pernah booming, namun sekarang punah bagai hewan purba. Apa saja, ya?

Warung telepon
Pada era 1990-an alat komunikasi seperti handphone masih sangatlah jarang, jadi biasanya orang akan saling berhubungan melalui telepon umum atau warung telepon yang disingkat wartel. Umumnya orang akan memilih wartel dibandingkan telepon umum, karena kita tidak perlu panas-panasan saat teleponan. Percakapan kita juga tidak bisa didengar orang lain, karena wartel ini biasanya berbentuk ruangan persegi kecil yang tertutup.

Uniknya, untuk mengetahui biaya telepon yang kita gunakan, kita bisa melihatnya dialat penghitung argo seperti yang ada di taksi. Sayangnya dengan kian banyak orang pakai ponsel bisnis wartel menjadi tidak laku lagi.

Baca juga: Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Partner Bisnis

Rental VCD dan DVD
Karena dulu bioskop masih jarang dan terbilang mahal, umumnya anak ’90-an akan mengincar tempat rental VCD dan DVD untuk menemukan CD lagu dan film favorit yang ingin mereka dengarkan dan tonton. Bisnis rental ini dulu sangat banyak bahkan sampai pelosok daerah dapat kita temui.

Dulu kita hanya perlu mngeluarkan uang 5 ribu rupiah, kita sudah bisa meminjam 1 buah VCD atau DVD selama 3 hari. Namun seiring perkembangan zaman, orang-orang lebih memilih menonton dibioskop atau mencari film yang mereka inginkan di internet. Hal itu bikin bisnis ini harus gulung tikar.

Baca juga: Ini Rahasia Sukses Membangun Bisnis Fashion

Layar tancap
Jika kamu lahir pada era 1970 hingga 1990-an mungkin kamu pernah merasakan serunya nonton layar tancap ini. Jasa layar tancap ini dulu kerap dipanggil saat ada acara pesta pernikahan atau lainnya. Di sini kamu akan merasakan serunya menonton malam hari di tengah lapangan terbuka. Bisnis ini tidak sepenuhnya hilang, lho, sampai sekarang bisnis ini masih ada walaupun jumlah nyasedikit.

Bisnis mesin faks
Pada tahun 2000-an orang akan lebih memilih menggunakan jasa pengiriman dokumen melalui faks karena terbilang cukup murah dan efesien. Dengan hitungan menit saja, dokumen yang ingin kita kirim sudah sampai ke tempat yang jauh sekalipun, sehingga banyak pengusaha melirik bisnis yang satu ini. Jasa mengirim dokumen via mesin faks biasanya gabung dengan wartel. Namun, seiring berkembangnya teknologi internet, bisnis ini mulai menghilang.

Jadi apakah sudah kamu pikirkan, bisnis apa yang tidak akan hilang seiring dengan berkembangnya jaman? *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply