Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Trik Jadi Guru yang Baik bagi Siswa Namun Tetap Profesional

Ilustrasi guru. (dok. KPUD Surabaya)

Topcareer.id – Pada Hari Guru Nasional, banyak guru mendapat penghargaan atas jasanya telah mendidik banyak orang. Berbicara tentang guru, mengajar merupakan salah satu profesi paling sulit dan namun juga paling memuaskan. Seorang guru punya peran yang amat penting, membentuk karakter dan memupuk kecerdasan muridnya.

Kamu mungkin seorang guru yang mengalami kesulitan dicintai oleh siswa. Gaya mengajarmu akan memengaruhi untuk menjadi salah satu guru terbaik. Mengutip Allaboutcareers.com, ada beberapa cara untuk bisa menjadi guru yang lebih baik bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca juga: Penting untuk Guru: 4 Tips saat Diancam Siswa

Terus gali pengetahuanmu
Terus mengejar pendidikan dan selalu haus akan ilmu pengetahuan setelah kamu menjadi guru akan meningkatkan kualitasmu sebagai guru. Pertimbangkan untuk mempelajari beberapa teknik pembinaan kehidupan dasar yang bisa meningkatkan keterampilan komunikasi dan membantumu menjadi guru yang lebih baik.

Tegas, namun lembut
Menjadi tegas berarti menjadi orang tua atau wali bagi siswa kamu. Ajukan pertanyaan kepada mereka, perlihatkan kepada mereka bahwa kamu peduli, dan dorong mereka untuk berbuat lebih baik. Jika ada siswa berkecil hati, gunakan sisi lembutmu untuk mengetahui apa yang terjadi dan mencari solusi.

Menjadi teman mereka
Menjadi teman untuk siswa tdak berarti berubah menjadi sahabat mereka. Jaga hubungan dengan siswa di tingkat profesional. Jangan terlalu sering menggunakan bahasa gaul saat berkomunikasi dengan mereka, karena mereka bisa menganggap kamu tidak serius. Tidak ada gunanya menjadi guru yang keren hanya untuk merusak reputasi.

Baca juga: Hari Guru Nasional 2019: Nostalgia Laskar Pelangi, Film Indonesia Terbaik Tentang Guru

Sesuaikan pelajaran dengan kehidupan mereka
Satu cara yang baik untuk membuat siswa kamu tertarik pada pelajaranmu adalah dengan memasukkan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan mereka. Masukkan hal-hal yang menarik minat mereka dalam pelajaran yang dapat membantu meningkatkan daya ingat mereka.

Manfaatkan waktu kelas dengan baik
Waktu mengajar di kelas harus digunakan dengan bijak. Ingatlah bahwa kamu masih berada dalam lingkungan profesional. Kamu tidak ingin membuang waktu membicarakan kehidupan pribadimu, atau menunggu siswa yang datang terlambat ke kelas.

Berikan contoh yang baik untuk siswa
Menjadi teladan bagi siswa akan menginspirasi mereka untuk menyalin beberapa sifatmu. Mereka akan mengingat kisahmu dan ingin menggunakannya sebagai inspirasi untuk memperbaiki kehidupan mereka sendiri. Maka dari itu berilah contoh yang baik pada mereka

Menjadi guru yang disukai setiap siswa tidak akan terjadi dalam semalam. Langkah-langkah tadi bisa membantu meningkatkan keterampilanmu. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply