Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Sukses Menjadi Sosial Media Manager? Begini Caranya

Ilustrasi. Sumber foto: Digital marketing instituteIlustrasi. Sumber foto: Digital marketing institute

Topcareer. id – Bekerja di ranah media sosial membutuhkan campuran kreativitas, analisis, dan pengetahuan tentang tren media. Menggabungkan ketiga hal ini secara efektif merupakan kunci menuju karier yang sukses di bidang tersebut.

Kamu harus kreatif dan bijaksana serta dapat beradaptasi dengan cepat karena ini industri bergerak cepat. Milikilah pengetahuan mendalam tentang akun perusahaan dan maksimalkan potensinya melalui pengujian dan analisis yang efektif.

Mengutip Wayup.com, berikut hal yang harus kamu fokuskan jika ingin sukses sebagai manajer media sosial.

Baca juga: Alasan Konten Interaktif Jadi Trik Marketing Ampuh di 2020

Kuasai akun media sosial brand atau perusahaan
Ini berarti memahami penggunaan paling efektif dari setiap akun dan menetapkan tujuan yang spesifik untuk masing-masingnya. Misalnya, jika Instagram merupakan motor penggerak terbesar untuk situs web perusahaan kamu, cari tahu bagaimana memanfaatkannya dan jadikan prioritas utama.

Kenali pesaing
Lihatlah pesaing, apakah mereka merancang kampanye berdasarkan tren berita atau menggunakan iklan berbayar dengan cara tertentu? Keduanya adalah hal besar yang harus diperhatikan. Meskipun kamu tidak perlu meniru pesaing, penting untuk memahami apa yang mereka lakukan dan mengapa. Ini akan memberimu masukan tentang apa yang harus kamu pertimbangkan.

Tetapkan tujuan agresif tapi realistis
Tetapkan tujuan agresif tetapi dapat dicapai. Untuk melakukannya, penting memahami bagaimana kinerja akun kamu dan bagaimana mengembangkan tujuan berdasarkan kinerja sebelumnya. Melakukan hal itu tidak hanya akan meningkatkan hubungan dengan komunitas yang ada, tetapi juga akan membantu pertumbuhan brand secara berkelanjutan.

Baca juga: Trik Telemarketing Closing Sekali Telepon

Gunakan analitik secara efektif
Cara terbaik untuk bereksperimen secara efektif adalah dengan melacak setiap tes yang kamu jalankan dan menggunakan metrik dari alat analisis seperti Google Analytics untuk mengoptimalkan kampanye brand kamu sesuai kebutuhan.

Pelajari dasar-dasar desain grafis
Meskipun keterampilan desain grafis bukan hal yang “harus dimiliki” untuk mendapatkan posisi sebagai manajer media sosial, memiliki keterampilan itu akan membantumu melakukan pekerjaan dengan lebih efektif, terutama karena grafis menjadi semakin penting dalam keterlibatannya dalam sosial media. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply