Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Alasan Kenapa Punya Kepribadian yang Baik Penting di Tempat Kerja

Dok. Jobstreet

Topcareer.id – Membangun hubungan pribadi dengan atasan, klien maupun rekan kerja adalah bagian integral dari strategi karier apa pun. Ketika kamu datang untuk membangun hubungan kamu harus mulai dengan pengetahuan diri. Dan itu dimulai dengan kepribadian atau personality.

Memperhatikan kepribadian diri sangat penting. Tidak hanya untuk memprediksi bagaimana orang akan berinteraksi dan berperilaku satu sama lain, tetapi juga bagaimana mereka akan cocok dengan tugas dan tanggung jawab yang diperlukan untuk suatu posisi.

Dikutip dari Atmanco.com, memiliki kepribadian yang baik di tempat kerja sangat penting, dan inilah alasannya.

Baca juga: Ini Hal-hal yang Membunuh Produktivitas Kerja Kamu

Membantu memotivasi karyawan
Insentif dan tunjangan keuangan pasti membantu mengangkat semangat karyawan, tetapi menurut kamu berapa lama itu akan bertahan? Banyak karyawan yang telah diberi fasilitas lebih oleh perusahaan namun tetap terdemotivasi karena atasannya tidak memiliki kepribadian baik.

Mengurangi turnover
Tes kepribadian untuk karyawan baru ataupun lama yang akan naik atau pindah posisi sangat diperlukan. Memanfaatkan penilaian dari tes ini selama proses seleksi tidak hanya akan membantu melihat semua hal yang tidak begitu jelas dalam wawancara biasa, tetapi juga membantu mengidentifikasi orang yang tepat untuk suatu posisi. Dengan begini, karyawan akan lebih bertahan lama dan menurunkan angka turnover.

Menekan konflik dan meningkatkan kolaborasi
Salah satu dari banyak alasan pentingnya kepribadian di tempat kerja adalah penentu kolaborasi antar karyawan. Kepribadian karyawan bisa dijadikan alat bantu untuk menentukan secara objektif karakteristik mana yang harus disetel agar hubungan kerja mereka meningkat.

Baca juga: Seberapa Besar Pengaruh Cara Berpakaian di Tempat Kerja?

Mencegah kelelahan karyawan
Apakah kamu tahu siapa di antara karyawanmu yang lebih rentan terhadap ketegangan saraf tinggi? Jika kamu mencari tahu kepribadiannya, kamu bisa mendapat hal apa yang sebenarnya karyawan kamu butuhkan. jadi kamu bisa mengambil langkah-langkah yang diperlukan. 

Menciptakan komunikasi efektif dengan karyawan
Kepribadian di tempat kerja penting untuk memastikan kamu bisa mendekati seseorang sebaik mungkin, dan mengetahui apa yang dibutuhkan orang ini untuk merasa nyaman. Memahami kepribadian individu di tempat kerja bisa memberi kamu informasi berharga yang mungkin tidak diperhatikan.

Inilah beberapa alasan mengapa kepribadian yang baik di tempat kerja itu penting. Tidak hanya membantu memilih orang yang tepat untuk suatu posisi, tetapi itu akan membantu mereka tetap bahagia dan termotivasi sehingga mereka akan loyal. Bisa mengurangi miskomunikasi, turnover, dan burnout sambil meningkatkan kolaborasi di antara karyawan. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply