Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Siap-siap, Pejabat Eselon III dan IV Akan Diganti Robot

Sumber foto: Allerin

Topcareer.id – Presiden Jokowi telah membuat gebrakan baru dengan memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo untuk melaksanakan pemangkasan birokrasi.

“Tahun depan akan kita lakukan pengurangan eselon. Saat ini kita memiliki eselon I, II, III dan IV. Eselon III dan IV ini yang akan kita potong.” ujarnya dalam acara pembukaan Kompas 100 CEO Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Tak sampai di situ, pada kesempatan tersebut Jokowi juga mengungkapkan rencana untuk mengganti para pejabat eselon yang akan dipangkas dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

“Saya sudah perintahkan pada Menpan RB mengganti dengan AI sehingga ada kecepatan. Kalau kita ganti dengan AI saya yakin kecepatan kita dalam berbirokrasi akan lebih cepat.” ungkapnya dalam kesempatan yang sama.

Jokowi menyampaikan bahwa pergantian ini tergantung pada omnibus law yang diajukan ke DPR. Melalui omnibus law, Pemerintah rencananya akan merevisi sekitar 74 Undang-undang, termasuk pemangkasan aparatur sipil negara (ASN).

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply