Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Mau Kuliah di Luar Negeri? Siap-siap Tulis Esai Tambahan

Ilustrasi (Dok. LinkedIn)

Topcareer.id – Calon mahasiswa atau penerima beasiswa mungkin tahu, sebelum mendaftar kuliah mereka perlu menulis esai sebagai bagian dari proses permohonan masuk universitas, apalagi universitas luar negeri. Namun, mungkin calon mahasiswa tidak tahu bahwa ada beberapa universitas yang meminta esai tambahan.

Writing supplements atau esai tambahan ini biasanya tidak lebih pendek dari esai kuliah utama, tetapi menurut para ahli, esai ini cukup penting. Contohnya, Wake Forest University di Winston-Salem, North Carolina, memiliki 6 pertanyaan tambahan bagi calon siswa dalam aplikasi penerimaan sarjana 2018.

“Setiap kata penting dalam menyebarkan kisahmu,” kata Deborah Davis, presiden dan pendiri Davis Education & Career Consultants LLC, yang bermarkas di Ridgefield.

Baca juga: Raih Kesempatan Kuliah Gratis di Boston University, Amerika Serikat

Tak hanya daftar pertanyaan yang bisa jadi bagian dari esai tambahan ini, tapi kadang calon mahasiswa diminta untuk menulis sejumlah daftar yang mungkin terkait dengan kehidupan, misal, personal top 10 list. Jadi, tidak mesti berisi satu atau dua paragraf penuh.

Esai tambahan ini datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dalam beberapa kasus, sekolah membiarkan pelamar memilih di antara beberapa opsi berbeda.

Misalnya, aplikasi University of North Carolina — Chapel Hill musim gugur 2018 mencakup empat tujuan, seperti ‘Perubahan apa yang kamu harapkan tentang tempat tinggalmu?”. Dari pertanyaan itu, siswa harus memilih dua petunjuk.

Baca juga: Mau Kuliah S2 Gratis Di Oxford University Inggris? Ini Caranya

Davis mengatakan dua petunjuk paling umum yang dia lihat adalah, “Jurusan apa yang diinginkan?” dan “Memberitahu tentang kegiatan favorit.”

Sementara jumlah kata untuk esai tambahan bervariasi, mereka cenderung terbatas. “Wake Forest memiliki batas 150 kata untuk masing-masing writing supplement,” kata Tamara Blocker, dekan senior penerimaan di universitas.

UNC membatasi jawaban pendek pelamar masing-masing 250 kata, menurut situs web sekolah. Sebaliknya, esai utama pada The Common Application, sebuah platform yang memungkinkan siswa untuk mendaftar ke banyak perguruan tinggi sekaligus, memiliki batas 650 kata.

Menurut Stephen Farmer, wakil rektor untuk pendaftaran dan penerimaan sarjana di UNC, jenis-jenis tanggapan tertulis ini lebih seperti sketsa atau snapshot, daripada esai besar-besaran. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply