Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Dentophobia, dan Cara Mengatasinya

Sumber foto: TwipuSumber foto: Twipu

Topcareer.id – Kesehatan gigi dan mulut sangat penting, tak kalah dengan kesehatan bagian tubuh lain yang harus dijaga. Jika kamu ingin berkarier di bidang militer, kepolisian, angkatan bersenjata, ataupun pilot hingga model, gigi kamu harus rapi dan tidak berlubang.

Namun bagaimana dengan kamu yang mengidap dentophobia?

Dentophobia bisa didefinisikan sebagai ketakutan pada dokter gigi dan segala pekerjaan yang dokter gigi lakukan..

Dentophobia tidak selalu berasal dari trauma, bisa jadi karena instrumen yang digunakan oleh dokter gigi. Jujur saja, alat yang mereka gunakan dan penampilan mereka yang memakai masker serta kacamata pembesar khusus terlihat cukup menyeramkan. Alat-alat itu menyebabkan ketidaknyamanan, dan bisa menimbulkan rasa takut.

Dikutip dari fearapy.com, Kamis (05/12/2019), berikut beberapa langkah untuk coba mengatasi dentophobia.

Lakukan pertemuan dengan dokter gigi
Kadang-kadang ini disebut sebagai pengkondisian pra-perawatan. Tujuan dari pertemuan ini hanya untuk sekedar berbincang dengan dokter gigi untuk membuatmu merasa lebih nyaman. Setelah kamu nyaman berbicara dengan dokter giginya, kembangkanlah hubungan dengan mengadakan janji temu berikutnya untuk melakukan pemeriksaan sederhana. Ini adalah langkah awal untuk mengatasi rasa takut pergi ke dokter gigi.

Beritahu apa yang kamu rasakan pada dokter gigi
Ketika dokter gigi hendak memulai membersihkan gigi kamu, hal itu bisa saja menyebabkan rasa takutmu muncul. Kamu bisa memberi tahu pada dokter gigi bahwa kamu merasa cemas. Jika kamu perlu break sejenak, beri sinyal pada dokter. Mereka akan berhenti kapan pun kamu mau dan siap membantu meredakan kecemasan kamu.

Tanyakan alat apa yang mereka gunakan
Untuk apa saja alat dokter gigi itu digunakan, dan apa yang nanti bisa kamu rasakan? Dokter gigi profesional yang baik akan bersedia menjelaskan semuanya secara rinci kepada kamu agar kamu merasa nyaman.

Jangan memaksa diri
Jika ketakutan kamu dikaitkan dengan melihat jarum atau alat dokter gigi, minta agar itu dijauhkan dari penglihatanmu. Jangan lupa juga untuk meminta dokter gigi memberimu peringatan sebelum digunakan. Ini bisa membantu membiasakan dirimu dengan alat dokter gigi. Membiasakan melihat foto secara online di google bisa membantumu mengurangi rasa takut.

Pilih dokter gigi yang tepat
Ada dokter gigi yang berspesialisasi dan bekerja dengan orang-orang dengan fobia gigi yang ekstrem. Mereka bahkan akan menemui kamu di luar ruang praktek mereka dan berusaha lebih keras untuk memastikan kamu merasa nyaman. Lakukan riset dan temukan dokter gigi yang cocok untuk kamu.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply