Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tinjau Program Mekaar, Jokowi Ingatkan Pentingnya Menabung

Dok. Biro Pers Sekretariat KepresidenanDok. Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Topcareer.id – Jumat (5/12/2019) kemarin, Presiden Joko Widodo tiba di Alun-Alun Kota Cilegon, Provinsi Banten. Ia meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan BUMN Permodalan Nasional Madani (PNM).

Dalam kunjungannya itu, Presiden Jokowi menghimbau para nasabah Mekaar agar menggunakan pinjaman yang telah diberikan untuk modal kerja atau modal usaha. Ia juga mengingatkan untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan, yakni dengan membayar cicilan tepat waktu.

“Kalau diberi Rp 2 juta bisa dipercaya, tahun depan naik level jadi Rp 6 juta, Rp 8 juta, naik terus. Sekali lagi ibu-ibu dipercaya,” ucap Jokowi dalam sambutannya,

“Kalau dipercaya harus lebih hati-hati, jangan sampai kita dipercaya, kita belok-belok. Kalau orang sudah tidak dipercaya, mengembalikan kepercayaan itu sulit,”

Baca juga: Jokowi: Ada yang Senang Impor dan Tak Mau Diganggu. Ini Mau Saya Ganggu

Dok. Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Dok. Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Jokowi juga menganjurkan para nasabah menyisihkan sebagian keuntungan dari usaha untuk ditabung. Ia berharap para ibu Mekaar bisa terus mengembangkan usahanya hingga ‘naik kelas’ menjadi nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Dari pinjaman itu harus menetas dan besar. Kalau ibu-ibu sudah mentok di PNM Mekaar, mentok di Rp 10 juta, akan dipindah ke BRI, diarahkan ke BRI sehingga bisa naik ke 20 juta, 25 juta, hingga 500 juta,”

Dalam kunjungannya ini, Jokowi diampingi oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dua Staf Khusus Presiden Gracia Billy Mambrasar dan Adamas Belva Syah Devara, serta Gubernur Banten Wahidin Halim.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply