Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, November 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Mendapat Feedback Optimal dari Atasan? Begini Caranya

Dok. Ambition.uk

Topcareer.id – Meminta feedback dari atasan merupakan hal yang membuat sebagian besar karyawan merasa cemas dan takut.

Ini memang bukan tugas yang mudah. Namun kamu harus berani melakukannya karena itu merupakan bagian penting dari pengembangan kariermu.

Tidak ada yang bisa memastikan feedback akan menyenangkan atau justru menyakitkan. Dikutip dari fastcompany.com, Jumat (06/12/2019), berikut waktu dan cara yang tepat untuk meminta feedback.

Waktu untuk meminta feedback

  • Setiap sesi review tahunan
    Ini proses rutin dan formal di mana atasanmu akan mengevaluasi kemajuan dan kontribusi kamu selama setahun terakhir. Jika perusahaan tempat kamu bekerja tidak memiliki proses peninjauan formal, kamu harus bertanya kepada atasanmu.
  • Sebelum rapat, presentasi, atau proyek penting
    Anggap ini sebagai kesempatan untuk dilatih atau dibimbing oleh atasanmu. Ini juga saat yang tepat untuk meminta feedback. Kamu bisa mendapatkan pemikiran baru dari atasanmu, dan belajar dari pengalaman.
  • Selama hari kerja
    Ada saat-saat kecil yang terjadi setiap hari dan tepat untuk meminta feedback. Feedback yang kamu dapat setiap hari akan berkelanjutan dan semakin sering ini terjadi, semakin banyak peluang yang kamu miliki untuk tumbuh dalam kariermu. Ini indikasi lingkungan kerja yang sehat.

Cara meminta feedback
Ketika tiba saatnya untuk bertemu dengan atasan dan meninjau pekerjaanmu, bertanyalah tentang hal yang baik dan yang buruk. Jangan hanya fokus pada yang negatif.

Atasan senang memberikan umpan balik yang seimbang. Kamu bisa bertanya “Hal apa yang telah saya lakukan dengan baik? Dan hal apa yang bisa saya lakukan secara berbeda agar menjadi lebih baik?

Mintalah detail dan contoh dari atasan. Ini akan memastikan bahwa kamu akan tahu langkah apa yang harus diambil dan bagaimana meningkatkannya. Ini akan membantumu menerapkan feedback ke dalam tindakanmu selanjutnya.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply