Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jangan Pindah Kerja sebelum Lakukan 3 Hal Ini

Sumber foto: Collegegrad.comIlustrasi (Sumber foto: Collegegrad.com)

Topcareer.id – Apakah kamu berencana mencari pekerjaan baru di tahun baru?

Berpindah karier atau pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah, banyak hal harus kamu perhatikan, pertimbangkan, dan persiapkan.

Dilansir dari theundercoverrecruiter.com, Senin (09/12/2019) Sebelum pindah karier, ingatlah hal berikut ini.

Investasikan diri kamu
Beri kamu waktu. Kamu akan membutuhkan banyak pemikiran, pertimbangan, waktu dan investasi untuk menyiapkan dirimu terhadap perubahan.

Dapatkan kejelasan
Tanpa kejelasan nyata tentang apa yang ingin kamu lakukan atau bagaimana mendapatkannya, maka mengendalikan masa depanmu akan sangat sulit. Perjelaslah apa tujuanmu dan bagaimana mencapainya.

Buat action plan
Buat garis besar dari action plan kamu sehingga bisa dipecah menjadi beberapa langkah kecil yang bisa kamu kerjakan untuk menuju tujuan yang lebih besar.

Baca juga: Tips Cari Kerja untuk yang Minim Pengalaman

Fokus
Kamu harus benar-benar fokus dan bekerja seefisien mungkin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kamu akan membutuhkan ketekunan dan tekad untuk membantu mencapai tujuanmu.

Pahami kekuatan diri
Identifikasi apa kekuatan utama kamu. Apa yang benar-benar kamu nikmati dan kuasai. Semakin kamu mengenal diri sendiri, kamu akan semakin percaya diri dan semakin bisa mengidentifikasi peran yang tepat untuk kamu dapatkan.

Bangkitkan gairah
Tanpa hasrat nyata dan gairah tinggi, karier yang kamu inginkan akan sulit didapat. Bahkan jika kamu mendapatkannya, kamu akan kesulitan untuk mempertahankan dan tumbuh di dalamnya.

Kelola dan tingkatkan hubungan
Jika kamu belajar mengelola hubungan secara efektif, kamu akan bisa mengontrol proses dan transisi kariermu.

Perluas networking
Pelajari cara membangun jaringan dan memanfaatkan koneksi secara efektif. Jejaring yang nyata adalah tentang mengenal orang. Kamu perlu berupaya mengidentifikasi dan mengenal orang-orang yang nantinya bisa membantu kamu.

Bersihkan diri dari rasa takut
Jika kamu takut, tidak apa-apa. Yang penting jangan biarkan rasa takut mengambil alih dan mengontrol apa yang akan kamu lakukan. Temukan dukungan dari orang-orang di sekitarmu. Hadapi rasa takutmu dan kamu akan jauh lebih bersemangat, nyaman dan percaya diri.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply