Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Gantung Sepatu, Ini Ragam Pekerjaan yang Bisa Digeluti Mantan Pesepak Bola

George Weah. (dok. Ghana-footy)

Topcareer.id – Karier atlet pesepak bola jadi yang paling mungkin dicintai di antara semua altet. Tapi kehidupan profesional mereka relatif singkat. Mayoritas pesepak bola akan gantung sepatu alias pensiun di usia 36 hingga 40 tahun. Lantas apa yang mereka lakukan setelah pensiun sebagai pesepak bola?

Lazimnya, pensiunan pesepak bola ini bakal terjun sebagai pelatih di klub-klub pilihan. Ada yang profesinya masih sejalur dengan sepak bola, ada pula yang tidak. Ada beberapa profesi yang digeluti para pensiunan sepak bola, apa saja kira-kira?

Pelatih Klub Bola

Sebut saja Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, dan nama besar lain Zinedine Zidane merupakan contoh mantan-mantan pesepak bola yang terjun sebagai pelatih yang sukses. Mereka bahkan melatih klub-klub Eropa kelas top, seperti Barcelona, AC Milan, juga Real Madrid.

Lantaran berpengalaman di lapangan hijau, mantan pesepakbola ini mempraktikkan tak tik yang paling tepat saat menjadi pelatih. Bahkan, Guardiola pernah dianugerahi penghargaan FIFA World Coach of the Year 2011.

Kalau dari Indonesia, ada pelatih Djadjang Nurdjaman yang sempat menjadi pemain Persib dan melatih Persib. Kemudian ada nama Rahmad Darmawan dan Indra Jafrie.

Baca juga: Pelatih Sepak Bola Bergaji Tertinggi di Dunia. Mourinho No. 2, Siapa Pertama?

Komentator Sepak Bola

Profesi ini yang digeluti oleh Ponaryo Astaman di Liga I 2018. Sebelumnya ia sempat menjabat sebagai pelatih Borneo FC di Piala Presiden 2018. Beberapa mantan pemain yang menjalankan profesi sebagai komentator televisi setelah pensiun di antaranya adalah Thierry Henry dan Garry Neville.

Bagi seorang komentator televisi, khususnya sepak bola, tentu harus paham hal-hal teknis yang berkaitan dengan pertandingan itu sendiri. Misal, prediksi, strategi, hingga data-data mendetail lainnya. Nah, para mantan pemain sepak bola ini pasti sudah lebih paham lantaran pernah menjadi bagian dari permain itu.

Terjun ke Politik

Meski tak bersinggungan langsung dengan lapangan hijau, tak sedikit para mantan pesepak bola yang menjajal duni politik sebagai destinasi profesi selanjutnya. Salah satunya legenda sepak bola, Pele yang memulai karier di dunia politik ketika didapuk menjadi Menteri Olahraga Brasil pada 1995-2001.

Tak hanya menjajal, bahkan di era kepemimpinananya dalam olahraga, Pele berfokus menghapus praktik-praktik korupsi dalam dunia persepakbolaan Brasil.

Pensiunan pesepak bola yang sukses di dunia politik lainnya, ada mantan bintang AC Milan George Weah. Pada 2005, ia mencalonkan diri sebagai Presiden Liberia namun gagal. Weah akhirnya melenggang sebagai senat dari Partai Demokrat pada 2014. Kariernya di bidang politik semakin sukses setelah Weah terpilih menjadi Presiden Liberia pada Januari 2018. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan