Topcareer.id – Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) bisa menjadi konsep yang membingungkan untuk dipahami. Apakah ada perbedaan di antara mereka?
Kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian yang semakin meningkatkan kebingungan. Penting untuk memahami perbedaan antara kedua istilah ini.
Dikutip dari wWidert.com, Senin (16/12/2019), Search Engine Optimization (SEO) secara tradisional dianggap sebagai komponen dari Search Engine Marketing (SEM), yang mencakup taktik berbayar dan organik.
Namun hari ini, SEM digunakan untuk merujuk secara eksklusif ke pencarian berbayar. SEM adalah “proses mendapatkan websiite traffic dengan membeli iklan di mesin pencari.” Sebaliknya, SEO didefinisikan sebagai “proses mendapatkan website traffic dari yang gratis dan organik atau hasil pencarian alami. “
Baca juga: Pakai Google Assistant Tanpa Internet? Begini Caranya
Definisi SEM dan SEO
SEM adalah strategi pencarian berbayar. Sedangkan SEO adalah strategi pencarian organik. Strategi terpisah ini harus menjadi bagian dari gudang pemasaran pencarian online perusahaan kamu.
Elemen SEO on-page
- Data meta yang dioptimalkan, termasuk tag judul halaman, deskripsi meta, tag heading, dan tag ALT gambar, yang menggabungkan kata kunci target.
- Salinan halaman yang ditulis dengan baik dan dioptimalkan melalui penelitian kata kunci strategis.
- URL halaman sederhana dan diformat dengan baik dengan kata kunci selektif.
- Kecepatan halaman dioptimalkan.
- Integrasi sharing sosial dalam konten kamu.
Elemen SEO Off-page
- Pembuatan link untuk menarik dan mendapatkan link masuk berkualitas.
- Sinyal sosial (Meningkatkan web traffic ke situs web dari berbagi media sosial)
- Menarik perhatian dari situs bookmark sosial.