Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalSkills.id

5 Alasan Pentingnya Public Speaking

https://www.freepik.com/

Skills.id – Bagi sebagian orang, bisa berbicara di depan umum menjadi suatu hal yang menakutkan. Hal itu bisa terjadi kepada siapapun, baik yang masih bersekolah, kuliah, ataupun yang sudah bekerja dan berkeluarga. Perasaan takut dan rasa deg-degan sering kali muncul ketika kita sudah melihat ada banyak sekali orang yang telah siap untuk memperhatikan kita.

Bahkan, ada sebagian orang yang merasakan takut dan deg-degan sehari sebelum dimulainya public speaking. Padahal, public speaking sangat penting dan diperlukan oleh semua orang dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut Skills.ID akan berikan 5 alasan pentingnya public speaking.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Berbicara di depan banyak orang, akan membuatmu menjadi lebih percaya diri dalam menjalani suatu kegiatan dan juga menghadapi berbagai masalah. Kamu akan percaya diri untuk melakukan apapun walaupun orang lain menganggap hal itu mustahil dilakukan, karena rasa percaya diri dalam dirimu sudah meningkat drastis.

Ikuti juga: Mengatasi Rasa Grogi dan Meningkatkan Percaya Diri

Dengan membiasakan dirimu berlatih berbicara sendiri di depan cermin, kamu akan terbiasa melalukan public speaking di depan banyak orang. Lawan rasa takutmu dengan keberanian, maka rasa percaya diri akan mudah mendatangimu.

Sumber foto: freepik.com

2. Mudah Bergaul dengan Banyak Orang
Bisa public speaking berarti kamu menjadi tipe orang yang mudah bergaul dengan banyak orang. Nyambung ketika mengobrol, selalu ada topik pembicaraan, orang lain akan senang mendengarkanmu, dan kamu pun juga menjadi pendengar yang baik. Kamu tidak sungkan untuk berkenalan lebih dulu dengan orang baru yang membuatmu cepat akrab dengan orang lain dan mungkin orang lain itu akan menjadi teman atau sahabat kamu nantinya.

Sumber foto: freepik.com

3. Memiliki Kemampuan untuk Memimpin
Pintar public speaking sangat mungkin untukmu menjadi seorang pemimpin, baik dalam perkuliahan atau pekerjaan. Kamu bisa memimpin teman-temanmu untuk menggantikan dosen yang tidak hadir dengan menjelaskan tugas-tugas yang telah diberikan dosen tersebut sebelumnya, dimana kamu akan berbicara di depan kelas. Kamu akan menjadi pemimpin di tempatmu bekerja dalam suatu meeting internal ataupun eksternal, dimana kamu akan memberikan arahan terkait meeting tersebut.

Ikuti juga: Public Speaking Workshop

Sumber foto: freepik.com

4. Lebih Berpikir Kritis
Public speaking akan membawamu menjadi seseorang yang berpikir lebih kritis. Hal ini dikarenakan orang yang dianggap pintar dalam public speaking harus mempunyai kualitas bahan pembicaraan, misalnya ketika kamu ingin berpendapat mengenai hubungan suatu negara, maka kamu harus menyampaikannya dengan teori dari sang ahlinya seperti salah satu tokoh bernama Hans Morgenthau.

Selain itu, dengan berpikir lebih kritis, hal apapun yang tidak benar maka kamu akan dengan cepat mengkritik hal tersebut. Intinya, apa yang kamu bicarakan tidak semata-mata hanya dilihat dari satu sisi, karena kamu akan melihatnya dari berbagai sisi.

Ikuti juga: Teknik Membuka dan Menutup Presentasi dengan Memukau

5. Dipercaya untuk Mewakili Suatu Acara
Hebat dalam public speaking, sudah pasti kamu paling dicari oleh orang terdekatmu. Seperti, saat kuliah ada suatu kegiatan student exchange yang mengharuskan dipilihnya satu perwakilan kampus dan kamu pun menjadi orang yang terpilih itu karena mereka (dosen atau teman-teman) percaya bahwa kamu pasti bisa melakukannya, kehebatan public speaking-mu tidak diragukan lagi oleh mereka.

Tidak terkecuali, di tempat kerja yang mengharuskanmu menjadi perwakilan kantor karena kamu hebat dalam public speaking, dimana kamu bisa mengutarakan pendapat dan menjelaskannya di depan banyak orang.

Ikuti juga: Powerfull Gesture and Ice Breaking

Sumber foto: freepik.com

Dari 5 alasan pentingnya public speaking diatas, maka tidak ada alasan lagi buat kamu untuk tidak mengasah public speaking-mu mulai dari sekarang. Oleh karena itu, Skills.ID hadir untuk kamu yang ingin belajar teknik public speaking mulai dari dasar hingga kamu bisa mendapatkan 5 hal penting diatas.

Ikuti juga: Teknik Impromptu dan Q&A Handling

Master of Ceremony Workshop Package

MC Workshop Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Tampilan yang Memukau

Leave a Reply