Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, August 15, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

FamilyMart Ajak Kaum Muda Peduli Lingkungan Lewat #Change4Future

Dari kiri ke kanan: CEO FamilyMart Indonesia Wirry Tjandra, travel bloggerMarischka Prudence, Head of Operation FamilyMart Indonesia Gunung Tjahjaputra menjelaskan program #Change4Future, Selasa (17/12/2019). (foto: istimewa)

Topcareer.id – Rasanya hampir seluruh negara di dunia peduli akan dampak sampah plastik yang kini menjadi PR (Pekerjaan Rumah) besar. Indonesia sendiri tengah bertekad mengatasi masalah sampah laut dan plastik di Indonesia dengan mencanangkan Program Gerakan Indonesia Bersih.

Guna membantu menggugah kepedulian dan mendidik masyarakat tentang bahaya sampah sedotan plastik bagi lingkungan, jaringan waralaba Convenience Store milik Wings Group: FamilyMart meluncurkan gerakan #Change4Future.

FamilyMart yang kini memiliki lebih dari 150 gerai FamilyMart di Indonesia berkomitmen menggunakan produk-produk ramah lingkungan guna mendukung target pemerintah untuk mengurangi sampah plastik hingga 70% pada 2025.

Baca juga: Citibank Berikan Dana Hibah Senilai Rp 9,7 Miliar untuk Program Sosial

“Sebagai inisiatif perdana, sedotan yang 100% terbuat dari bahan kertas, sedotan stainless, reusable cup, reusable bag, dan sendok garpu (spork) berbahan baku ampas kopi, akan diluncurkan dalam gerakan #Change4Future,” ujar CEO FamilyMart Indonesia Wirry Tjandra, di sela-sela seremoni perkenalan kampanye ini, Selasa (17/12/2019).

Wirry mengatakan inisiatif itu menjadikan FamilyMart sebagai perusahaan retail Convenience Store pertama di Indonesia yang memperkenalkan bahan baku berasal dari alam sebagai pengganti plastik.

Apalagi, kopi merupakan produk terlaris di setiap gerai FamilyMart di Indonesia, sehingga penggunaan sedotan plastik, dan cup, menjadi ikut tinggi.

Baca juga: Jokowi “Kulo Nuwun” ke Para Tokoh Sebelum Pindahkan Ibu Kota ke Kaltim

“FamilyMart pertama kali menawarkan produk kopi pada April 2017 dan hingga kini kami berhasil menjual kopi kepada lebih dari 2juta pelanggan. Jadi dengan mengganti setiap produk plastik menjadi berbahan baku alami, kami harap dapat memberikan dampak yang cukup signifikan.”

Senada dengan gerakan peduli lingkungan yang diangkat oleh FamilyMart, Marischka Prudence yang akrab dipanggil Prue, seorang travel blogger dan aktivis pencinta lingkungan ini, telah lama memerhatikan dampak kerusakan lingkungan akibat sampah plastik.

“Pantai dan laut menjadi destinasi kesukaan saya, terutama di Indonesia. Indonesia itu indahnya keterlaluan, tapi sayang kini sampah plastik seakan telah menjadi penghias selain ikan dan biota laut,” ujar Prue yang memiliki sertifikat selam dari Scuba Schools International ini.

Kampanye #Change4Future sendiri terdiri dari 4 kegiatan yakni Reduce, Reuse, Replace dan Recycle. Agar kampanye #Change4Future dapat diterima dengan baik di masyarakat, FamilyMart memberikan potongan harga sebesar seribu rupiah untuk setiap pembelian minuman dengan reusable cup FamilyMart Series.

Tak hanya itu, pemotongan harga 25% untuk pembelian reusable cup juga akan diberikan bagi para pelanggan yang mengembalikan cup plastik dari gerai minuman kopi manapun ke gerai FamilyMart terdekat. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply