Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sedotan Rumput dari Vietnam, Alternatif Ramah Lingkungan Diet Plastik

Sedotan dari bambu. (dok. Aseanpost)

Topcareer.id – Sudah hampir di setiap restoran atau kafe kini tidak lagi menggunakan sedotan plastik saat menyajikan pesanan minuman buat pelanggan. Ini bentuk kepedulian akibat meningkatnya kekhawatiran tentang limbah sampah plastik yang kian meningkat.

Namun, bukanlah tugas yang mudah untuk mengganti kebiasaan orang menggunakan sedotan plastik. Oleh karena itu, pilihan ramah lingkungan untuk mengganti sedotan plastik telah menjadi kebutuhan.

Salah satu ide brilian datang dari seorang pengusaha muda Vietnam yang baru-baru ini merilis sedotan yang terbuat dari rumput liar. Dalam waktu sekejap telah meraih sukses meraih perhatian banyak kalangan di Vietnam untuk menggunakan sedotan ini.

Tran Minh Tien, dia lah pemilik ?ng Hút C?, dia hadir dengan ide inovatif melalui keinginannya untuk melakukan sesuatu yang bisa membantu dalam pertempuran melawan plastik. Ia menggunakan spesies rumput Lepironia Articulata yang tumbuh di sekitar wilayah Delta Mekong di Vietnam barat daya.

Baca juga: Produk Ramah Lingkungan Bakal Jadi Tren Industri Fashion

Rumput liar ini memiliki batang berlubang, sehingga secara alami sudah berbentuk jerami. Sedotan tersedia dalam dua versi, satu dikeringkan dan satu lagi segar.

Mengutip inteligentliving.co, Kamis (19/12/2019), begini cara pembuatan sedotannya.

  • Rumput ditanam, dipanen (dikumpulkan), dicuci, dan dipotong panjangnya berukuran 20 sentimeter (sekitar 8 inci).
  • Selanjutnya, batang besi digunakan untuk membersihkan bagian dalam sedotan.
  • Kemudian dicuci dan dibilas sekali lagi.
  • Jika ingin dijual segar, prosesnya cukup sampai di situ dan ikat sekumpulan sedotan yang siap pakai menggunakan daun pisang.
  • Jika harus dijual kering ada lebih banyak proses yang harus dilakukan. Jemur sedotan di bawah matahari selama 2-3 hari lalu panggang dalam oven.

Sedotan rumput versi segar bisa disimpan hingga dua minggu, didinginkan dan disimpan dalam kantong kedap udara. Jika kamu ingin membuat sedotan segar bertahan lebih lama, disarankan untuk merebus sedotan dengan garam lalu biarkan kering secara alami, kemudian simpan di tempat kering dan sejuk.

Baca juga: Yuk, Traveling Sambil Tetap Jaga Kelestarian Lingkungan

Sedotan rumput versi kering bisa disimpan pada suhu kamar hingga enam bulan. Kedua jenis sedotan rumput ini dapat dikunyah setelah makan, bisa membantu membersihkan gigi dan gusi Anda, menurut Hng Hút C?. Sedotannya bebas bahan kimia dan pengawet, serta harga terjangkau.

Produk sedotan rumout ini dijual dalam bundel 100 pcs, untuk versi kering seharga 1.000 dong Vietnam, dan untuk versi segar seharga 600 dong Vietnam. Saat ini, sedotan rumput ini hanya tersedia untuk dijual di Vietnam. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply