TopCareerID

9 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu Lulusan Marketing

Ilustrasi. Sumber foto: mediabistro.com

Ilustrasi. Sumber foto: mediabistro.com

Topcareer.id – Pekerjaan terbaik untuk kamu yang lulus dari jurusan pemasaran akan tergantung pada serangkaian keterampilan, nilai, sifat kepribadian, dan minat unik kamu, yang semuanya akan kamu sampaikan selama wawancara kerja.

Dikutip dari Thabalancecareers.com, Senin (23/12/2019), berikut beberapa daftar pekerjaan untuk lulusan marketing yang bisa membantumu mengidentifikasi beberapa opsi untuk dipertimbangkan.

Pastikan kamu berbicara dengan dosen, alumni, dan kontak jaringan lainnya untuk menghasilkan kemungkinan lain yang sesuai dengan latar belakang kamu.

Baca juga: Ini Perbedaan Antara Sales Dan Marketing

1.Product manager
Bertugas mengawasi semua aspek pemasaran suatu produk atau layanan. Mereka biasanya memulai karier mereka sebagai asisten, analis riset pasar, perwakilan penjualan, atau peserta pelatihan dalam program pengembangan sebelum mendapatkan gelar MBA.

2. Event planner
Pernikahan, pertemuan alumni, konferensi pers, konferensi profesional, sesi pelatihan, dan acara promosi semuanya membutuhkan perencana yang dapat mengantisipasi kebutuhan dan preferensi audiens. Jurusan marketing memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini.

3. Fundraiser
Fundraiser atau penggalang dana melakukan keterampilan interpersonal dari jurusan marketing untuk melakukan presentasi kepada kelompok-kelompok donor potensial. Mereka mengatur dan mempublikasikan acara dan mendapatkan sponsor dari perusahaan.

Baca juga: Ini Strategi Marketing Plan Agar Bisnis Kamu Lancar

4. Asisten marketing
Profesional marketing sering mempekerjakan lulusan baru sebagai asisten untuk melakukan tugas dukungan dan tugas yang lebih rutin. Jurusan marketing dengan bisa menggunakan posisi ini sebagai pintu gerbang ke pekerjaan yang lebih besar.

5. Analis riset pasar
Analis riset pasar merancang dan melaksanakan penilaian reaksi konsumen terhadap produk / layanan baru, produk yang dimodifikasi, pengemasan, dan tema periklanan. Mereka mengumpulkan, mengatur, dan menafsirkan data menggunakan perangkat lunak dan alat statistik. Bakat kreatif jurusan marketing berguna ketika memilih metode untuk memunculkan respons konsumen terhadap produk.

6. Media planner
Media planner bekerja untuk menentukan bentuk media apa yang harus digunakan perusahaan untuk menarik konsumen atau mendapatkan pengguna. Sebagian besar lulusan akan mulai dalam posisi dukungan seperti asisten media planner di mana perhatian terhadap detail, pengorganisasian data, menghasilkan spreadsheet, dan mempersiapkan presentasi akan menjadi tanggung jawab pekerjaan bersama.

7. PR representative
Jurusan pemasaran belajar untuk menganalisis audiens dan mengidentifikasi jenis komunikasi yang dapat mempengaruhi demografis. Ini adalah tujuan utama humas, sebuah industri yang berfokus pada membantu klien mengembangkan dan mempertahankan reputasi positif dengan publik. Kamu yang berkepribadian ekstrovert sering kali berkembang pesat dalam profesi ini.

8. Sales representative
Ada banyak pekerjaan penjualan yang tersedia, dan posisi ini dapat berfungsi sebagai batu loncatan yang sangat baik untuk karier di bidang pemasaran lainnya.

9. Manajer media sosial
Manajer media sosial mengatur kehadiran dan memperbaiki citra organisasi mereka di gerai-gerai seperti Facebook, LinkedIn, Pinterest, Twitter, Instagram, dan Tumblr. Jurusan pemasaran yang mengerti teknologi dengan keterampilan kreatif dan menulis yang kuat dapat unggul dalam peran ini. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version