Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, August 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Strategi Marketing Plan Agar Bisnis Kamu Lancar

Dok. Marketing Donut

Topcareer.id – Setiap marketing plan harus memiliki elemen dasar yang mendukungnya. Melakukan bisnis tanpa marketing plan seperti mengemudi tanpa peta. Kamu mungkin sampai di tujuan pada akhirnya tetapi kamu berisiko membuat kesalahan yang memakan waktu dan mahal sepanjang jalan.

Satu-satunya cara untuk memulai usaha bisnis dengan percaya diri adalah dengan mengembangkan marketing plan yang baik serta didukung oleh fakta dan penelitian.

Dilansir dari Bdc.ca, Senin (16/12/2019), marketing plan harus diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan kebutuhan bisnis dan pelanggan. Berikut lima bahan penting dalam membuat marketing plan.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan untuk Capai Target

Lakukan analisis situasi
Banyak perusahaan mulai dengan analisis SWOT, dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan mereka. Ini melibatkan mengidentifikasi pesaing kamu, memahami persis bagaimana mereka beroperasi dan menjadi akrab dengan kekuatan dan kelemahan mereka.

Kembangkan profil target pasar
Di sini kamu ingin menunjukkan bahwa kamu mengenal pelangganmu di dalam dan luar, termasuk harapan dan keinginan mereka. Lihatlah karakteristik seperti usia, jenis kelamin, profesi atau karier, tingkat pendapatan, tingkat pencapaian pendidikan, dan lokasi geografis.

Penting juga untuk memahami dengan tepat apa yang memotivasi pelanggan untuk membeli. Perluas wawasan tentang hal ini yang akan membantumu mengembangkan produk atau layanan yang akan mengalahkan pesaing.

Baca juga: 5 Langkah Membangun Rencana Bisnis untuk Startup

Tetapkan tujuan pemasaran yang jelas
Gambarkan hasil yang diinginkan dari marketing plan dengan tujuan, target, dan kerangka waktu yang jelas dan dapat dicapai. Pendekatan yang paling umum adalah menggunakan metrik pemasaran yang mencakup total pangsa pasar dan segmen, jumlah total pelanggan dan tingkat retensi, proporsi pasar potensial kamu yang melakukan pembelian, dan ukuran rata-rata atau volume pembelian.

Tentukan strategi pemasaran
Setelah menentukan tujuan dan target, saatnya untuk melihat bagaimana kamu akan mempromosikan bisnis ke calon pelanggan. Strategi ini biasanya mencakup Empat P pemasaran yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.

Opsi yang paling mahal biasanya adalah iklan, promosi penjualan, dan kampanye hubungan masyarakat. Referensi dan jaringan merupakan cara berbiaya lebih rendah untuk menjangkau pelanggan. Pemasaran digital bisa jadi strategi yang kuat karena murah dan efektif dalam mencapai target pasar.

Buat rencana keuangan
Marketing plan tanpa keuangan hanya memiliki sedikit pengaruh. Keuangan juga dapat dimasukkan dalam rencana bisnis umum. Satu dokumen yang perlu kamu hasilkan adalah perkiraan anggaran dan penjualan. Break-even analysis adalah langkah penting lainnya dalam mengembangkan marketing plan. Analisis ini menunjukkan dengan tepat berapa banyak yang harus kamu jual untuk menutup biaya dalam melakukan bisnis. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply