- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Keterampilan yang Harus Dimiliki Analis Bisnis

Business team working at office desk and analyzing financial reports, finance and accounting concept, top view

Topcareer.id – Setiap bisnis memiliki kebutuhan dan solusi yang berbeda, untuk itu ada yang namanya business analyst atau analis bisnis. Mereka bekerja untuk menentukan kebutuhan bisnis dan mencari cara untuk mencapainya. Untuk menjadi business analyst ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi.

Dalam beberapa kasus, seorang analis bisnis dapat mengidentifikasi masalah dan membantu menemukan cara untuk menyelesaikannya.

Menurut Institut Internasional Analisis Bisnis, peran analis bisnis didefinisikan sebagai penghubung di antara para pemangku kepentingan untuk memahami struktur, kebijakan, dan operasi organisasi. Dengan merekomendasikan solusi, analis bisnis memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Ini berarti bahwa seorang analis bisnis bertindak sebagai jembatan antara masalah bisnis perusahaan dan solusi teknologi dari perusahaan tersebut.

Keterampilan yang diperlukan

Peran seorang analis bisnis mungkin berbeda di tiap organisasi. Di beberapa tempat mereka mungkin memiliki peran teknis dengan sedikit pengetahuan bisnis, di tempat lain mereka akan diminta untuk memiliki pengetahuan bisnis yang baik beserta pengetahuan tentang sistem. Berikut beberapa keterampilan inti yang diperlukan oleh analis bisnis dalam laman Educba:

Baca juga: Entrepreneur Wajib Punya Google Bisnisku. Begini Cara Bikinnya

1. Harus komunikatif

Analis bisnis harus menjadi komunikator yang sangat kuat, terutama dalam arti verbal. Ini berarti bahwa mereka harus dapat bekerja dalam tim dan menganalisis kebutuhan mereka dengan cara yang dapat membantu mereka menyelesaikan konflik dan masalah, baik di dalam maupun di luar perusahaan.

2. Memiliki berbagai keterampilan pemecahan masalah

Pada tingkat tertinggi, analis bisnis memungkinkan perusahaan untuk memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang tantangan yang dihadapi oleh organisasi dan cara terbaik mereka dapat menyelesaikannya dengan cara yang sederhana dan mudah.

3. Keterampilan dokumentasi

Seorang analis bisnis yang baik akan belajar bagaimana mendokumentasikan setiap proyek dan pembelajaran mereka. Adalah penting bahwa seorang analis bisnis baru mencatat semua yang mereka pelajari dari proyek mereka karena itu akan membantu mereka mengambil keputusan yang lebih baik di masa depan.

4. Memiliki pemahaman visual

Seorang analis bisnis harus mampu memvisualisasikan solusi untuk masalah tertentu dalam pikiran mereka. Ini karena untuk situasi apa pun, analis bisnis harus membuat banyak model spesifik yang dapat mengatasi tantangan itu.

Baca juga: Pelajari 3 Konten Ini untuk Kesuksesan Bisnismu

5. Memiliki pengetahuan yang baik tentang keterampilan bisnis

Memiliki pemahaman dasar dan baik tentang alat kantor dasar seperti Word, Excel dan PowerPoint. Keterampilan teknis lainnya yang dapat membantu analis bisnis maju dalam bidang karir mereka termasuk pengetahuan tentang alat pemodelan seperti Visio atau Enterprise Architect.

6. Dapat membangun hubungan baik di dalam maupun di luar timnya sendiri

Banyak analis bisnis harus bekerja dengan pemangku kepentingan di berbagai platform. Itulah sebabnya penting bahwa analis bisnis harus memiliki komunikasi yang terbuka dan jelas dengan para pemangku kepentingan baik di sisi bisnis maupun teknis. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply