Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makan Cabai Bisa Kurangi Risiko Kematian Akibat Jantung

Topcareer.id – Makan cabai atau hal-hal pedas berlebih sering dikaitkan dengan risiko masalah pencernaan. Tapi, makan cabai menurut penelitian bisa kurangi risiko kematian akibat masalah medis utama seperti serangan jantung dan stroke.

Menurut studi yang diterbitkan oleh Journal of American College of Cardiology, jika cabai itu dimakan secara teratur, malah bisa menurunkan risiko kematian oleh semua penyakit kronis sebanyak 23%.

Untuk penelitian ini, para peneliti di Mediterranean Neurological Institute di Pozzilli, Italia, mengamati 22.811 pria dan wanita Italia yang berusia 35 tahun atau lebih dan melacak kesehatan serta kebiasaan makan mereka dalam studi kesehatan regional selama periode rata-rata delapan tahun.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai setidaknya empat kali seminggu, memiliki risiko kematian akibat serangan jantung hingga 40% lebih rendah, dan risiko kematian akibat stroke atau kondisi otak lainnya yang hampir 50% lebih rendah.

Meskipun belum jelas apa yang membuat cabai begitu baik untuk pencegahan penyakit, capsaicin, senyawa yang menyebabkan sensasi terbakar ringan pada makanan pedas dalam dosis kecil, tampaknya memainkan peran.

Dalam jumlah besar, capsaicin bisa terasa menyakitkan dan bahkan beracun, tetapi dosis rendah yang ditemukan pada paprika dapat merangsang saraf dan meningkatkan metabolisme, membantu pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Dalam studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa penggemar cabai pedas memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak memakannya, bahkan jika bagian lain dari makanan mereka kurang sehat.

Dan, bahkan orang dengan faktor risiko lain untuk penyakit kronis, seperti diabetes, hipertensi, atau riwayat keluarga dengan masalah jantung, menikmati manfaat kesehatan dari makan cabai, menurut penelitian.

“Seseorang dapat mengikuti diet Mediterania yang sehat, orang lain bisa makan lebih sedikit secara sehat, tetapi bagi mereka semua cabai memiliki efek perlindungan,” kata pemimpin penulis Marialaura Bonaccio, seorang ahli epidemiologi di Mediterranean Neurological Institute, dalam siaran pers di The Ladders.

Studi ini dilakukan bekerja sama dengan para peneliti dari Istituto Superiore di Sanita di Roma, Universitas Insubria di Varese, dan Mediterranean Cardiocentro di Naples.

Leave a Reply