- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Karyawan Tertidur? Stop, Bos Jangan Marah Dulu!

Dok. Freepik

Topcareer.id – Kamu karyawan yang gampang tertidur saat di kantor? Wah, ternyata hal tersebut dapat berdampak positif lho buat fungsi otak kognitif kamu. Jadi jika bos kamu ada yang marah jika kamu tertidur, minta ia untuk baca artikel ini, ya.

Menurut peneltian yang dilakukan oleh University of Bristol di Inggris, mengatakan bahwa tidur siang dapat membantu seseorang berpikir lebih efisien dengan mempertimbangan pro dan kontra dari suatu keputusan.

Tidur siang juga akan memberikan kamu wawasan dengan memproses informasi yang tidak kamu sadari, lho.

Baca juga: Hati-Hati, Tidur Siang Lebih dari 90 Menit Picu Stroke

Dilansir dari Studyfinds.org, Kamis (26/12/2019), penelitian sebelumnya juga mengatakan bahwa tidur siang dapat membantu memproses informasi dan membuat keputusan. Walaupun masih belum jelas apakah orang harus benar-benar mengetahui informasi yang mereka proses untuk mendapatkan manfaat dari tidur.

Peneliti mengukur perubahan aktivitas otak baik sebelum dan sesudah tidur siang dengan menggunakan EEG. Dengan melibatkan 16 responden, mereka diberi 2 tugas yang sama, kemudian peneliti menyuruh beberapa dari mereka untuk tidur siang selama 90 menit sebelum mengerjakan tugas yang kedua.

Dari penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sleep Research itu diketahui bahwa responden yang telah tidur dapat mengerjakan tugas selanjutnya dengan lebih cepat. Sedangkan mereka yang tetap terjaga, tidak menunjukan peningkatan.

Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sedikit tidur akan membantu seseorang lebih cepat merespon dan mengambil keputusan secara bijak.

Jadi, sudah memanfaatkan sedikit waktu istirahat kamu untuk tidur siang belum? *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply