Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Seminar dengan Workshop, Sama atau Berbeda? Ini Penjelasannya

Suasana seminar (dok. istimewa).

Topcareer.id – Apa itu seminar? Apa itu workshop? Apakah ada perbedaan yang signifikan atau itu semua hanya problem semantik? Jika kamu diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam menghadiri seminar atau workshop untuk pekerjaan, ini bagus untuk kamu.

Baik workshop maupun seminar keduanya bisa membantu meningkatkan basis pengetahuanmu dan bisa menjadi peluang jaringan yang hebat. Tetapi pernahkah kamu selama ini berpikir apa sih perbedaan antara workshop dan seminar.

Dikutip dari Careertrend.com, Jumat (27/12/2019), workshop dan seminar memang terlihat mirip, keduanya sama-sama memberikan benefit yang baik untuk pengembangan kariermu, namun mereka memiliki perbedaan.

Baik workshop maupun seminar dimaksudkan untuk mengedukasi audiens mereka tentang tema ataupun topik tertentu. Workshop dan seminar memiliki format berbeda.

Seminar

Pembicara atau narasumber dalam seminar akan melakukan presentasi menggunakan semacam slide deck. Mereka akan memberimu informasi yang relevan tentang topik tertentu dan kemudian mereka biasanya akan membuka diskusi di akhir presentasi formal untuk mengambil pertanyaan dari para peserta.

Semua pertanyaan yang muncul selama pembicaraan akan dijawab oleh paranarasumber. Catatan merupakan hal penting bagi para peserta seminar. Peserta bisa memanfaatkan informasi yang dicatat setelah selesai seminar.

Workshop

Di sisi lain, workshop tidak hanya mendorong keterlibatan dengan peserta lain. Dalam workshop kamu diharapkan untuk terlibat penuh dalam proses pembelajaran. Kemungkinan, akan ada kegiatan dan latihan di mana kamu dan sesama peserta akan mempraktikkan apa yang telah kamu pelajari selama workshop berlangsung.

Bahkan mungkin ada kuis sehingga fasilitator workshop bisa memastikan apakah kamu sudah sepenuhnya memahami apa yang diajarkan. Tujuan akhir dari workshop untuk memberi kamu pembelajaran langsung yang bisa kamu terapkan pada kehidupanmu.

Beda seminar dengan workshop

Workshop biasanya membatasi jumlah peserta tidak lebih dari beberapa lusin orang. Workshop cukup efektif memberimu kesempatan untuk mendapatkan perhatian langsung dari fasilitator, dan kesempatan untuk belajar dari rekan-rekan dalam workshop.

Sebaliknya, pembicara dalam seminar bisa memberikan ilmunya ke auditorium yang penuh dengan sangat banyak orang, seminar bisa dihadiri hingga ribuan orang.

Perbedaan lain antara seminar dan workshop adalah berapa lama acara berlangsung. Seminar hanya berlangsung beberapa jam, sedangkan workshop bisa memakan waktu hingga beberapa hari. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply