Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

6 Langkah Strategis untuk Menyatukan Kembali Tim yang Terpecah

Topcareer.id – Dalam sebuah tim di suatu perusahaan, terkadang ada masalah yang menyebabkan adanya perpecahan.

Sebagai pemimpin tim, kamu harus memiliki cara untuk bisa menyatukan mereka kembali. Hal ini penting agar proyek bisa kembali berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

Diperlukan perhatian yang serius untuk melakukan perbaikan pada tim yang sedang rusak atau terpecah. Dikutip dari people-result.com, Jumat (27/12/2019), berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Identifikasi akar penyebab masalah
Ada lima masalah paling umum yang dialami tim seperti tidak adanya kepercayaan, ketakutan akan konflik, kurangnya komitmen, penghindaran tanggung jawab, dan ketidakpedulian terhadap hasil. Cari sumber masalah untuk bisa mengambil langkah besar menuju solusi.

Jangan fokus hanya pada individu, perhatikan juga cara kerjanya
Sebagian besar organisasi memiliki prosedur operasi standar. Karena itu, jangan mengabaikan cara anggota tim bekerja. Atur cara kerja mereka sesuai dengan standar operasi supaya tidak menjadi hambatan dalam menyelesaikan masalah.

Berusahalah untuk mengerti
Langkah paling penting setelah mengidentifikasi akar penyebab masalah adalah memahami berbagai masalah di sekitarnya. Lakukan penilaian terhadap para anggota tim. Dari penilaian tersebut, kamu bisa mendapat wawasan tentang anggota tim. Wawasan ini dapat kamu gunakan untuk memberikan serangkaian solusi dalam memperbaiki apa yang rusak.

Jujur dan transparan tentang masalah yang terjadi
Jangan mencoba memutuskan sesuatu sendiri tanpa memberi kesempatan anggota tim untuk menyampaikan sesuatu. Kadang kamu harus mendengar langsung dari anggota tim yang frustrasi untuk membantu dirimu bergerak menyelesaikan masalah lebih cepat.

Buat rencana aksi taktis
Jangan lupa untuk melakukan diskusi secara berkala atau mengadakan workshop untuk anggota tim. Setiap individu dan tim harus memiliki daftar hal-hal yang akan mereka lakukan untuk mengembangkan diri. Mereka juga harus menunjukkan komitmen dalam melakukan perubahan.

Tindak lanjuti dan bertanggungjawab
Pastikan kamu bertanggungjawab untuk menindaklanjuti dan meninjau kembali seberapa baik keadaan tim beberapa bulan setelah usaha penyelarasan tim yang kamu lakukan selesai. Teruslah lakukan penyesuaian dan bersiaplah merencanakan hal lain jika masih terjadi hambatan.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply