- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Resolusi Karier di Tahun Baru untuk Usia 50 Tahun

Sumber foto: PinterestSumber foto: Pinterest

Topcareer.id – Pada saat mencapai usia 50-an, banyak yang beranggapan kamu telah memasuki semacam karier autopilot dan bersiap menyambut pensiun.

Padahal belum tentu. Kamu masih punya kesempatan untuk melakukan hal-hal hebat. Dan perusahaan bisa saja tertarik untuk tetap mempekerjakan kamu jika kamu memiliki energi dan keterampilan yang terus diperbarui.

Melansir monster.com, Senin (30/12/2019), berikut beberapa saran resolusi karier untuk orang-orang di usia 50-an.

Bersosialisasi
Ini harus menjadi tahun untuk meningkatkan pengetahuan media sosial. Meskipun kedengarannya remeh, itu penting. Mintalah seorang kolega yang lebih muda untuk membimbing dalam memulai aktif di situs media sosial populer. Berkomitmenlah melakukan percakapan rutin, pembaruan status dan komentar positif di media sosial tentang tren terkait perusahaan.

Baca juga: Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan. Apa Bedanya?

Tinjau kembali apa yang hilang
Usia 50-an adalah waktu yang tepat untuk menilai kembali passion atau keterampilan yang mungkin disisihkan di masa lalu untuk alasan apa pun. Putuskan untuk menemukan sesuatu yang penting bagi diri dan kembangkan menjadi sesuatu yang berguna

Go public
Setelah membangun banyak keahlian dalam karier, biarkan orang lain di luar organisasi tahu. Kembangkan kepribadian publik dengan mencari peluang berbicara. Melibatkan diri dalam bisnis dan asosiasi industri lokal, atau mendaftar untuk hadir di konferensi perdagangan dapat membuka pintu untuk peluang karier di masa tua.

Jadilah seorang mentor
Setelah mempelajari banyak pelajaran dan pengalaman, teruskanlah pengetahuan itu kepada generasi muda dengan menjadi mentor karier. Coba bicarakan dengan departemen SDM, organisasi perdagangan, atau asosiasi alumni perguruan tinggi untuk mengetahui apakah mereka memiliki program mentoring karier bagi generasi muda.

Nyalakan kembali koneksi lama
Jangan biarkan jaringan lama hanyut. Berhubunganlah kembali dengan kolega dan bos lama. Terhubung kembali dengan jaringan lama bisa mendatangkan keuntungan seperti adanya peluang bisnis.

Baca juga: Berapa Usia Pensiun yang Ideal?

Tambah keterampilan
Kurangnya keterampilan di usia 50 ke atas bisa menjadi hambatan besar bagi yang ingin mencari kesempatan untuk melakukan bisnis baru. Banyaklah membaca informasi terbaru dan coba tanyakan pada generasi muda mengenai keterampilan apa saja yang paling dibutuhkan saat ini.

Take a break
Gunakan waktu luang untuk memperkuat hubungan yang bermakna dengan keluarga dan teman-teman. Rangsang pikiran dengan mempelajari hal-hal baru, atau kembalillah ke hobi favorit. Meluangkan waktu seperti ini dapat membantu menyemangati diri sendiri dan lebih bersemangat di tahun 2020.

Yuk, sambut 2020 dengan semangat baru!

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply