Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jangan Lakukan Ini Saat Lapar!

Dok. All4Women

Topcareer.id – Marah atau kesal bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah lapar. Kamus Oxford English memasukkan kata “hangry” untuk menggambarkan kondisi emosi karena lapar.

Bersabarlah ketika membuat keputusan besar, terutama saat lapar. Penelitian baru menunjukkan, orang-orang harus mempertimbangkan untuk menghindari keputusan yang berdampak saat lapar karena dapat mempengaruhi masa depan.

Apakah kamu Hangry?

Studi yang dipublikasikan di Psychonomic Bulletin & Review, menemukan bahwa kelaparan dapat membuat dampak nyata pada pengambilan keputusan, mendorong mereka untuk membuat keputusan yang tidak sabar dan berfokus pada hasil yang lebih kecil.

Dasar dari penelitian ini adalah seputar pertanyaan tentang makanan, uang, dan hadiah lain yang ditanyakan peserta ketika kenyang dan ketika mereka melewatkan makan.

Menurut para peneliti, kelaparan dapat mengubah preferensi pribadi tentang bagaimana kamu berpikir, yang dapat ditransfer ke keputusan keuangan atau antarpribadi.

“Kami menemukan ada efek besar, preferensi orang bergeser secara dramatis dari jangka panjang ke jangka pendek ketika lapar,” kata Dr. Benjamin Vincent, seorang dosen psikologi di University of Dundee dalam laman The Ladders.

“Ini adalah aspek perilaku manusia yang berpotensi dieksploitasi oleh pemasar sehingga orang perlu tahu preferensi mereka dapat berubah saat lapar,” ujarnya.

Baca juga: Alasan Ilmiah Kenapa Lapar Picu Perilaku Buruk

Orang-orang pada umumnya tahu, lanjut dia, bahwa ketika mereka lapar mereka seharusnya berbelanja makanan, bukan mengambil keputusan penting.

Saat lapar, mereka lebih cenderung membuat pilihan yang tidak sehat atau memanjakan.  Penelitian menunjukkan hal ini bisa berdampak pada jenis keputusan lain juga.

“Katakanlah kamu akan berbicara dengan penasihat pensiun atau kredit rumah. Jika melakukan hal itu saat lapar, mungkin akan membuatmu lebih peduli pada kepuasan sesaat dengan mengorbankan masa depan yang berpotensi lebih cerah.”

Para peneliti mengatakan mereka menguji 50 peserta dua kali. Ketika dihadapkan dengan tiga jenis imbalan yang berbeda. Mereka yang lapar menerima imbalan lebih kecil yang memberikan manfaat langsung, daripada yang bisa mendapatkan lebih banyak di lain waktu.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply