TopCareerID

Ingin Bisnis Tapi Belum Punya Uang? Begini Caranya

Ilustrasi. (dok. Multibriefs)

Topcareer.id – Kamu tidak selalu perlu banyak modal untuk menjalankan bisnis. Bahkan, terkadang kamu bisa memulainya hanya dengan sedikit atau bahkan tanpa dana.

Memulai bisnis tanpa uang pada awalnya mungkin tampak seperti ide yang dibuat-buat, tetapi itu bukan tidak mungkin. Jangan khawatir tentang bagaimana kamu bisa memulainya.

Dilansir dari girlboss.com, Jumat (03/01/2020), berikut beberapa ide tentang memulai bisnis dengan dana nol.

Tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kamu lakukan dan mendapatkannya secara gratis
Membuat daftar hambatan dalam meluncurkan bisnis akan jauh terasa lebih mudah daripada membuat daftar peluang yang ada tepat di depan mata.

Jika memikirkan bisnis tanpa uang membuatmu takut, berhentilah sejenak dan renungkan apa yang bisa kamu lakukan saat ini.

Cobalah buat daftar apa saja yang dibutuhkan untuk bisnismu, kemudian lakukan riset alternatif gratis di web. Mungkin butuh waktu dan mengharuskanmu mengambil beberapa keterampilan digital tambahan, tetapi kamu akan menghemat banyak dana saat bisnismu mulai berjalan.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Startup? Perhatikan 9 Hal Penting Ini

Bangun tabungan enam bulan untuk pengeluaran
Saat mendesain rencana bisnis, jujurlah pada diri sendiri tentang berapa banyak pengeluaranmu dan berapa banyak pendapatan yang kemungkinan akan kamu bawa.

Bersikaplah realistis tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum kamu mendapat untung.

Biasanya, dibutuhkan setidaknya enam bulan sebelum kamu mulai melihat uang mengalir masuk. Buatlah tujuan untuk menghemat setidaknya enam bulan biaya hidup sehingga kamu bisa mengabdikan diri untuk bisnis barumu.

Tanyakan teman dan keluarga untuk dana tambahan
Cari orang-orang terdekat kamu saat melakukan promosi. Gunakan teman dan keluarga sebagai sumber daya berlapis. Latih promosi penjualanmu dengan mereka.

Mintalah feedback, dan ketika kamu siap untuk meluncurkan bisnis, tanyakan apakah mereka bisa membantu dengan pinjaman kecil untuk memulai bisnis. Pastikan untuk mencatat semuanya, termasuk kapan kamu akan mengembalikannya.

Ajukan pinjaman usaha kecil ketika membutuhkan uang tunai tambahan
Pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman usaha dalam skala kecil. Bank dan pemberi pinjaman online menawarkan berbagai jenis pinjaman usaha kecil kepada pelanggan yang mencari aliran uang tambahan atau dana investasi.

Bank tradisional biasanya memberi persyaratan yang cukup memakan waktu, namun lebih aman di kemudian hari. Sementara pemberi pinjaman online biasanya lebih mudah dalam persyaratan, tapi memiliki suku bunga yang lebih tinggi. Pilihlah hal ini dengan bijak.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version