- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Mulai Bisnis Startup? Perhatikan 9 Hal Penting Ini

Topcareer.id – Memulai bisnis bukanlah keputusan kecil. Termasuk usaha rintisan atau startup.

Jika kamu berpikir untuk mengambil risiko dan memulai bisnis sendiri, ada beberapa langkah penting yang perlu diambil.

Dilansir dari Blog.constantcontact.com, inilah hal yang perlu kamu lakukan sebelum memulai bisnis usaha rintisan.

Sampaikan pesan positif yang kuat
Sampaikan deskripsi bisnismu dan jelaskan alasan mengapa bisnismu akan sukses secara operasional dan finansial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Fokus pada pelanggan dan pahami pasar
Teliti demografi dan psikografis dari basis pelanggan potensial kamu dan pahami kebiasaan membeli mereka. Amati pesaing dan pahami apa yang dikatakan pelanggan mereka tentang mereka di media sosial.

Baca juga: 5 Langkah Membangun Rencana Bisnis untuk Startup

Mulai dari yang kecil dan tumbuh
Hal ini bisa membuatmu memecah penawaran produk / layanan menjadi potongan-potongan kecil sehingga kamu dapat mendanai tahap awal dan mendapatkan daya tarik dan pengalaman.

Pahami kekuatan, keterampilan, dan waktu yang tersedia
Saat menjalankan bisnis, ketahui kapan kamu perlu melibatkan seorang akuntan, pengacara, agen asuransi, spesialis pemasaran, web developer, atau profesional lainnya. Ini akan memulai proses manajemenmu sebagai pemilik bisnis.

Kelilingi diri dengan penasihat dan mentor
Meluncurkan dan menumbuhkan bisnis itu sulit. Tidak seorang pun bisa memiliki semua pengetahuan, pengalaman, atau bahkan perspektif untuk menangani setiap situasi bisnis. Dapatkan banyak keterampilan penting dan pengalaman dari penasihat dan mentor.

Tulis rencana bisnis
Sebelum mulai, cari tahu jenis bisnis apa yang akan kamu miliki. Apakah ini akan menjadi kepemilikan perseorangan, kemitraan atau korporasi. Kemudian kumpulkan rencanamu. Memiliki rencana tertulis dengan hasil yang diproyeksikan dan tujuan pribadi merupakan cara terbaik untuk tetap fokus

Baca juga: Pentingnya Manajemen Reputasi Untuk Startup Online

Ketahui budget
Pahami baik-baik biaya awal, penjualan, margin kotor, laba, arus kas, dan metrik spesifik yang terkait dengan bisnismu. Kamu akan membuat banyak keputusan bisnis yang tepat. Kamu juga harus jeli dalam mencari cara untuk menghemat biaya.

Pahami, kamu tidak bisa bersenang-senang dulu
Menjadi pemilik usaha startup adalah salah satu pekerjaan tersulit. Dalam survei terbaru, 40 persen pemilik usaha kecil baru mengatakan mereka tidak bisa mengambil liburan dan mengikat uang mereka dalam bisnis mereka.

Memiliki passion
Menjadi seorang pendiri bisnis tidak cukup waktu sehari untuk mencapai segalanya. Jika kamu tidak didorong oleh passion di setiap langkahmu, bisnis yang kamu mulai akan menjadi jauh lebih sulit. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply