Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Bisnis Tapi Belum Punya Uang? Begini Caranya

Ilustrasi. (dok. Multibriefs)

Topcareer.id – Kamu tidak selalu perlu banyak modal untuk menjalankan bisnis. Bahkan, terkadang kamu bisa memulainya hanya dengan sedikit atau bahkan tanpa dana.

Memulai bisnis tanpa uang pada awalnya mungkin tampak seperti ide yang dibuat-buat, tetapi itu bukan tidak mungkin. Jangan khawatir tentang bagaimana kamu bisa memulainya.

Dilansir dari girlboss.com, Jumat (03/01/2020), berikut beberapa ide tentang memulai bisnis dengan dana nol.

Tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kamu lakukan dan mendapatkannya secara gratis
Membuat daftar hambatan dalam meluncurkan bisnis akan jauh terasa lebih mudah daripada membuat daftar peluang yang ada tepat di depan mata.

Jika memikirkan bisnis tanpa uang membuatmu takut, berhentilah sejenak dan renungkan apa yang bisa kamu lakukan saat ini.

Cobalah buat daftar apa saja yang dibutuhkan untuk bisnismu, kemudian lakukan riset alternatif gratis di web. Mungkin butuh waktu dan mengharuskanmu mengambil beberapa keterampilan digital tambahan, tetapi kamu akan menghemat banyak dana saat bisnismu mulai berjalan.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Startup? Perhatikan 9 Hal Penting Ini

Bangun tabungan enam bulan untuk pengeluaran
Saat mendesain rencana bisnis, jujurlah pada diri sendiri tentang berapa banyak pengeluaranmu dan berapa banyak pendapatan yang kemungkinan akan kamu bawa.

Bersikaplah realistis tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum kamu mendapat untung.

Biasanya, dibutuhkan setidaknya enam bulan sebelum kamu mulai melihat uang mengalir masuk. Buatlah tujuan untuk menghemat setidaknya enam bulan biaya hidup sehingga kamu bisa mengabdikan diri untuk bisnis barumu.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply