Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tips Karier yang Sebaiknya Kamu Abaikan

Topcareer.id – Sering berkeluh kesah dan tukar pikiran mengenai cara mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan karier kamu di sebuah perusahaan?

Ya, semua orang tentu pasti memiliki saran yang berbeda-beda. Tapi tunggu dulu, ternyata tak semua saran yang diberikan bisa kamu jalankan. Kamu harus memilah mana saran yang sekiranya cocok dan mana yang perlu diabaikan.

Dilansir dari Monster.com, Selasa (7/1/2020), berikut saran-saran yang tak perlu kamu ikuti.

Minta promosi
Banyak orang yang percaya bahwa kamu tidak akan mendapat kenaikan gaji ataupun promosi jabatan jika tidak memintanya. Namun menurut pakar karier di PeopleNRG.com, Lawrence Polsky, sebaiknya kamu tidak meminta kenaikan gaji ataupun promosi dengan buru-buru, karena perusahaan akan mempertimbangkan hal itu dalam evaluasi tahunan mereka.

Sebaliknya, ia justru menyarankan kamu untuk melakukan tindakan yang positif dan menguntungkan perusahaan. Dengan begitu tanpa kamu minta, perusahaan akan senang hati memberikan tambahan gaji maupun mempromosikan kamu untuk jabatan yang lebih baik.

Buat resume singkat
Mungkin ada yang memberimu saran untuk membuat resume hanya dalam 1 halaman saja, tapi jangan lakukan hal itu! Menurut kepala perekrutan di Expert Institute, Michael Morgenstern, resume kamu adalah salah satu hal yang jadi pertimbangan apakah kamu pantas untuk mendapat promosi jabatan.

Jika kamu memiliki pengalaman, bakat dan prestasi segudang, mengapa hanya dituliskan dalam 1 lembar saja? Ya, resume kamu memang harus disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar, namun setiap yang kamu tulis akan lebih baik jika menekankan deskripsi secara terperinci.

Baca juga: Karier Apa yang Cocok Untukmu? Cari Tahu lewat 5 Langkah Ini

Resume yang bagus akan membuat kamu langsung di terima bekerja
Menurut ahli strategi pemasaran Kyle Sexton, memperindah resume kamu memang penting. Namun, bukankah lebih penting bagaimana kamu bersikap dan menjawab semua pertanyaan dengan baik? Jadi jika ingin mendapatkan karier yang lebih baik, pastikan sikap dan wawasan kamu juga lebih baik dibandingkan resume.

Kirim catatan terima kasih pasca wawancara
Banyak yang mengatakan bahwa menuliskan terimakasih pasca wawancara adalah hal yang bagus. Jika ada yang menyarankannya, abaikan saja!

Seorang pelatih karier, Bettina Seidman memberikan catatan setelah wawancara memang baik, tapi bukan berisikan ucapan terima kasih.

Menurutnya, akan lebih baik jika kamu menuliskan catatan yang berisikan alasan mengapa kamu adalah kandidat yang baik dan cocok pada posisi tersebut. Kamu juga bisa menuliskan mengapa kamu pantas mendapat gaji yang diminta.

Ikuti passion
Mantan CEO yang kini menjadi blogger, Heidi Nazarudin mengatakan ‘Ikuti passion’ adalah saran paling tidak baik untuk dilakukan. Menurutnya, tidak semua orang sukses memulai pekerjaannya dari passion yang ia miliki. Sebagian orang justru baru menemukan passion mereka ketika mencoba pekerjaan yang awalnya tidak mereka senangi.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply