Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 13, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

8 Pekerjaan Ini 15 Tahun Lalu Tidak Ada Tapi Sekarang Booming

Dok. Medical News Daily

Topcareer.id – Pernahkah terpikir oleh kamu sekitar 15 tahun yang lalu ada beberapa pekerjaan yang dulunya tidak ada, dan sekarang justru akan booming alias diminati banyak orang karena menjanjikan masa depan.

Adopsi yang meluas dari internet, smartphone, media sosial, big data, cloud, dan teknologi lainnya selama satu setengah dekade terakhir tidak hanya mengubah kehidupan pelanggan, mereka juga telah membuka dunia peluang kerja yang sama sekali baru.

Dikutip dari Glassdoor.com, Rabu (08/01/2020), berikut ini beberapa pekerjaan yang 15 tahun lalu tidak ada.

Baca juga: Siapa Sangka Ini Pekerjaan Pertama Para Pengusaha Terkaya

1.Manajer Media Sosial
Facebook belum lahir hingga 2004, Twitter pada 2006 dan Instagram pada 2010. Maka, mencari pekerjaan Manajer Media Sosial pada 2002 akan menjadi upaya yang sia-sia. Tapi sekarang bidang kariernya sedang booming dan banyak lowongan untuk pekerjaan ini.

2. Data scientist
Pekerjaan mengumpulkan, membersihkan, dan menafsirkan kumpulan data besar tidak ada hingga akhir tahun 2000-an. Bandingkan dengan 2 tahun ke belakang dari sekarang, di mana ini adalah salah satu karier terpanas di dunia terutama di negara-negara maju.

3. Produser podcast
Gagasan tentang pertunjukan audio yang dihosting di internet memang berakar pada 1980-an, tetapi tidak dikembangkan sampai akhir 2004. Saat ini, podcast bukan hanya bentuk hiburan yang populer, mereka adalah bisnis yang bonafid. Sebagai Produser Podcast, kamu bisa mendapat banyak uang.

Baca juga: Daftar Pekerjaan di Indonesia yang akan Digaji Per Jam

4. Mobile app developer
Dengan pesatnya perkembangan teknologi smartphone mulai dari pertengahan tahun 2000-an, saat ini kamu akan kesulitan menemukan perusahaan teknologi, ritel, atau media yang tidak memiliki aplikasi seluler. Dan sekarang mobile app developer menjadi salah satu karier paling digemari dan dicari oleh perusahaan.

5. Cloud architect
Jika kamu bertanya apa itu “cloud” 15 tahun lalu, mereka mungkin merespons dengan sesuatu tentang benda-benda putih di langit daripada model IT yang diandalkan banyak bisnis saat ini. Sebagian besar platform cloud tidak diluncurkan hingga pertengahan hingga akhir 2000-an. Tapi sekarang, permintaan untuk platform itu telah meroket.

6. Analis SEO
Pekerjaan sebagai Analis Optimisasi Mesin Pencari (SEO Analyst) belum pernah terdengar 15 tahun silam. Saat ini SEO analyst merupakan peran yang harus dimiliki di perusahaan mana pun. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa audiens online dapat menemukan konten perusahaan mereka melalui pencarian organik.

7. Content moderator
Bertugas untuk memilah-milah konten yang dibuat pengguna untuk memastikan bahwa itu menegakkan standar perusahaan, tetapi pada awal tahun 2000-an, permintaan untuk posisi ini belum ada. Sekarang, content moderator merupakan persentase signifikan dari tenaga kerja di perusahaan seperti Facebook, Youtube dan Instagram.

8. Virtual Assistant (VA)
Tidak ada yang lebih baik daripada bekerja di rumah. Dibandingkan teknologi 15 tahun silam dengan kemajuan yang terjadi akhir-akhir ini di bidang teknologi komputasi cloud, konferensi video, dan internet nirkabel yang tersebar luas, pekerjaan melakukan tugas administrasi untuk eksekutif dan profesional dari jarak jauh sebagai VA lahir dan banyak diminati. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply