Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ciri-ciri Pemimpin yang Dapat Dipercaya

Ilustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.comIlustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.com

Topcareer.id – Kepemimpinan menginspirasi orang untuk berkumpul bersama dan mencapai sesuatu yang hebat. Inspirasi semacam itu hanya bisa berhasil apabila kita memiliki pemimpin yang dapat dipercaya.

Lalu, bagaimana kamu bisa mengetahui seorang pemimpin bisa dipercaya? Seperti dilansir dari lollydaskal.com, Kamis (09/01/2020), berikut beberapa tanda yang bisa kamu jadikan patokan.

Mereka memiliki prinsip yang kuat
Seorang pemimpin yang dapat dipercaya akan selalu bertindak demi kepentingan kebaikan yang lebih besar, bahkan jika itu berarti bertentangan dengan tren yang ada.

Mereka membantu orang lain menjadi lebih baik
Pemimpin yang bisa dipercaya akan selalu berinvestasi dalam hubungan dengan orang lain. Mereka selalu mendukung dan bersedia bekerja keras untuk membantu orang-orang di sekitar mereka tumbuh dan meningkat.

Baca juga: Keterampilan Ini Sangat Berguna di 2020 Buat Pemimpin

Mereka mendengarkan dengan hati dan pikiran terbuka
Seorang pemimpin yang mau mendengarkan, berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk memimpin organisasi mereka ke tingkat kesuksesan yang lebih besar. Mendengarkan menandakan pemimpin yang peduli.

Mereka tidak menghindar dari masalah
Pemimpin yang dapat dipercaya memiliki pandangan bahwa situasi sulit pasti akan muncul, dan mereka melihat jabatan bukan sebagai alat untuk mengelak, tetapi untuk mengajak anggota tim untuk saling membantu.

Mereka stabil di bawah tekanan
Mereka bisa tetap tenang dan mantap dalam setiap situasi, betapa pun tegang atau tergesa-gesa. Selama badai, di situlah karakter sejati seorang pemimpin terungkap.

Mereka bertanggung jawab dan bisa diandalkan
Salah satu nilai tertinggi untuk pemimpin tepercaya adalah bisa selalu diandalkan. Sifat akuntabilitas adalah elemen kunci dari kepercayaan.

Baca juga: Tips untuk Pemimpin yang Introvert

Mereka tidak bertele-tele
Seorang pemimpin yang bisa dipercaya akan mengatakan apa yang mereka maksud, dan melakukan apa yang telah mereka katakan. Tanpa perlu basa-basi, ucapan mereka akan menjadi pegangan anak buahnya.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply