Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Melamar Kerja ada Hari Baiknya, Kapan?

Foto Ilustrasi Interview (Topcareer.id/Freepik)

Topcareer.id – Biar peluang dilirik perusahaan tinggi, ada strategi dalam melamar kerja. Ya, mulai dari strategi percantik CV, cara melamar lewat email yang baik, persiapan interview, sampai mencari hari yang pas.

Kalau menurut situs karir ZipRecruiter, lowongan pekerjaan biasanya meningkat sebesar 15 persen antara Desember dan Januari. Itu bulan baiknya. Bagaimana dengan hari baik? Menurut data dari situs karier Monster.com, Rabu adalah hari paling populer dalam seminggu untuk mencari pekerjaan online baru.

Pakar karier Monster.com, Vicki Salemi, mengatakan kepada CNBC Make It bahwa hari Rabu adalah waktu yang tepat untuk menilai kembali prospek pekerjaan setelah hari Senin dan Selasa yang sibuk. Pada hari rabu kesibukan cenderung berkurang.

Namun, dengan sebagian besar kandidat mencari lowongan pekerjaan selama pertengahan minggu, itu berarti kamu punya saingan yang lebih banyak, dan kompetisi yang ketat.

Baca juga: Cara Memenangkan Wawancara Kerja Via Telepon

Kapan melamar pekerjaan baru

Salemi menyarankan para pencari kerja mengabaikan pedoman tentang waktu “terbaik” untuk melamar pekerjaan baru, selain, sesegera mungkin!

Januari dan Februari adalah bulan-bulan paling populer dalam setahun untuk mencari pekerjaan baru, Monster.com telah menemukan, tetapi itu seharusnya tidak mengecilkan hati para pencari kerja.

“Tidak ada waktu yang buruk untuk mencari (kerja), semakin cepat, semakin baik,” kata Salemi dalam CNBC.

Terutama, dalam bidang yang talentanya sedikit, perekrut akan berfokus pada membaca aplikasi yang masuk sesegera mungkin untuk memulai proses perekrutan karyawan.

Apalagi, pasar tenaga kerja semakin ketat, di mana lowongan kerja banyak tapi pelamar yang memenuhi syarat hanya sedikit.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply