Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 14, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mau Jadi Polisi? Miliki Kualitas Ini Dulu

Petugas polisi. (dok. ist.)

Topcareer.id – Karena tingginya tingkat kepercayaan yang ditempatkan pada petugas kepolisian, ada kualitas pribadi tertentu yang sangat penting bagi siapa pun yang ingin memasuki karir di bidang penegakan hukum.

Mengutip Andersoncollege.com, Kamis (09/01/2020), jika kamu mempertimbangkan untuk menjadi seorang perwira polisi, kamu mungkin bertanya-tanya kualitas pribadi apa yang diperlukan.

Untuk berhasil dalam karier sebagai polisi, berikut ini lima kualitas paling penting yang wajib dimiliki oleh seorang petugas polisi.

Baca juga: Ditangkap: 2017, Disidang: 2018. Kenapa Kejahatan Reynhard Sinaga Baru Diungkap Sekarang?

Polisi harus berempati dan welas asih
Petugas polisi menghabiskan setiap hari bekerja dengan publik. Untuk alasan ini dan banyak lainnya, belas kasih dan empati adalah kualitas penting bagi petugas kepolisian. Ini berarti kemampuan untuk memahami apa yang orang lain rasakan dalam situasi tertentu, untuk berbagi perasaan itu, dan untuk menindaklanjutinya dengan tepat.

Polisi harus menjadi pemain tim
Menjadi seorang polisi sering melibatkan koordinasi dengan petugas dan departemen penegak hukum lainnya seperti pejabat pengadilan, paramedis, pekerja sosial, dan banyak lagi. Pekerjaan polisi sangat kooperatif, sehingga mereka yang mengharapkan pekerjaan dalam bidang penegakan hukum harus menjadi pemain tim yang baik.

Baca juga: Profesi Idaman yang Kelihatan Cool di Televisi

Berpikir kritis
Untuk memahami apa yang terjadi dalam suatu situasi, petugas kepolisian sering diminta untuk memilah-milah sejumlah besar informasi, termasuk pernyataan dan bukti yang dapat berpotensi tidak relevan, menyesatkan, atau kontradiktif. Petugas kepolisian perlu menggabungkan keterampilan yang mereka pelajari dengan keterampilan berpikir kritis.

Kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas
Sebagai seorang polisi kamu akan sering berurusan dengan berbagai faktor yang berubah-ubah dan perlu dihadapi dengan fleksibel dan kamu harus mudah beradaptasi pada setiap perubahan situasi agar tetap bisa mengikuti perubahan tersebut dengan baik.

Integritas
Masyarakat perlu memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap petugas polisi agar merasa aman, nyaman, dan percaya diri ketika melaporkan kejahatan atau mengungkapkan informasi pribadi atau sensitif dalam proses investigasi. Untuk menumbuhkan dan mempertahankan kepercayaan ini, integritas adalah kualitas mendasar bagi semua petugas polisi. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply