Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Taktik Melamar Kerja Kamu Salah, Pantas Tak Kunjung Diterima. Lalu?

Ilustrasi. Sumber foto: monster.comIlustrasi. Sumber foto: monster.com

Topcareer.id – Butuh strategi kuat agar peluang diterima kerja juga semakin besar. Dalam pencarian kerja juga ada taktiknya sendiri yang beberapa sangat berfungsi, dan beberapa lainnya nggak efisien sama sekali. Sayang rasanya jika melamar kerja tak dipersiapkan secara matang.

Tapi mengapa begitu banyak orang masih berjuang untuk mendapatkan pekerjaan? Jawabannya ada dalam taktik lamaran kerja yang digunakan.

Satu taktik pencarian pekerjaan umum yang tidak berfungsi

Seringkali orang menggunakan taktik “sebar dan beroda” ketika melamar pekerjaan. Cara ini umum di antara jobseeker, berperang dengan puluhan atau ratusan posisi dengan harapan mendapat tanggapan dari setidaknya satu.

Baca juga: Cara Memenangkan Wawancara Kerja Via Telepon

Rata-rata, setiap lowongan pekerjaan perusahaan menarik 250 resume. Ini berarti bahwa resume-mu harus menonjol dari kerumunan. Saat menggunakan taktik sebar dan berdoa, resume biasanya tidak memiliki persyaratan atau kata kunci yang ditentukan, jadi langsung ditolak.

Mengapa taktik ini tidak berhasil dengan baik

Di atas kenyataan bahwa resume kamu ada di antara ratusan lainnya ketika melamar online, ada masalah internal lain yang membuatnya sulit untuk memastikan pekerjaan.

“Sekitar 80% pekerjaan tidak diposting dan mungkin mendekati 90% untuk pekerjaan yang lebih senior. Persaingan untuk pekerjaan yang diposting benar-benar gila, pekerjaan terbaik hampir tidak pernah diposting,” jelas Scott Uhrig dari Agile Careers dalam The Ladders.

Baca juga: Jangan Ajukan Pertanyaan Ini saat Wawancara Kerja!

Taktik pencarian kerja apa yang seharusnya digunakan

Glassdoor memperkirakan bahwa direkomendasikan oleh seseorang di perusahaan meningkatkan peluangmu untuk berhasil mendapatkan pekerjaan setinggi hampir 7%.

Tidak punya kontak langsung di industri? Gunakan profil LinkedIn untuk meningkatkan siapa yang kamu kenal dan meningkatkan jaringan profesionalmu. Kamu tidak pernah tahu siapa yang akan dapat menghubungkanmu dengan seseorang yang dapat membantu mengembangkan karier.

Paling tidak, gunakan LinkedIn untuk terhubung dengan perekrut. Penelitian juga menemukan bahwa rujukan dari staffing agensi meningkatkan peluangmu untuk penempatan kerja yang sukses lebih dari 5%. Sementara, rujukan langsung (seperti bertemu dengan perwakilan perusahaan di bursa kerja dan memberi mereka resume) meningkatkannya sekitar 4%. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply