- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Karier Meningkat? Langgar 3 Aturan Ini

Ilustrasi. Sumber foto: JBCconnect.comIlustrasi. Sumber foto: JBCconnect.com

Topcareer.id – Kamu pasti telah menghabiskan sebagian besar karier untuk selalu memenuhi aturan. Pertama, ada aturan standar untuk membuat resume yang bagus. Begitu kamu mendapat pekerjaan, ada juga aturan yang masih harus kamu mainkan.

Sudah cukup rasanya untuk mematuhi semua aturan karier yang memusingkanmu. Setelah memahami semuanya, kamu akan menyadari bahwa ada beberapa aturan karier yang bisa kamu langgar untuk kebaikanmu.

Mengutip themuse.com, Jumat (10/01/2020), Berikut 3 aturan yang bisa kamu langgar untuk perkembangan dirimu.

Membicarakan gaji dalam wawancara
Penasihat karier, blog, dan forum akan memberi tahu kamu bahwa memunculkan kata ‘gaji’ dalam wawancara pertama bisa dianggap lancang. Jangan biasakan diri menuruti aturan ini, atau kamu akan mendapat bayaran yang jauh di bawah harapan.

Cobalah sampaikan dengan bijak seperti, “Saya tahu umumnya melanggar peraturan untuk membicarakan gaji sedini ini dalam proses wawancara, tetapi karena kewajiban finansial saya, saya akan senang dengan informasi apa pun yang dapat perusahaan berikan kepada saya mengenai kisaran gaji.”

Baca juga: 5 Tips Karier yang Sebaiknya Kamu Abaikan

Negosiasi gaji
Jangan pernah takut dengan larangan untuk negosiasi gaji dengan perusahaan, baik saat kamu sudah bekerja di perusahaan itu, maupun masih dalam proses wawancara.

Ingatlah kamu banyak memiliki kebutuhan pokok yang harus kamu penuhi dan juga harus menabung untuk masa depan. Ketika kamu merasa sudah layak mendapat penghargaan lebih, silahkan terobos aturan larangan negosiasi gaji.

Namun ingat, kamu harus terlebih dahulu melakukan banyak riset dan evaluasi bidang kerja kamu untuk menentukan kesesuaian gaji. Jangan sampai kamu melakukan negosiasi gaji dengan cara dan permintaan angka yang tidak tepat.

Baca juga: Zodiak 2020: Karier, Keuangan, dan Cinta Berdasarkan Elemen

Membanggakan diri dan menunggu
Banggakan saja dirimu dengan prestasi yang sudah kamu raih, tidak perlu menunggu giliran. Banyak aturan dalam perusahaan yang disampaikan oleh para atasan ataupun manajer HRD bahwa kamu bekerja saja dengan baik maka perusahaan tidak akan tinggal diam untuk meningkatkan kariermu.

Tetapi, jika kamu hanya duduk berdiam menuruti pola pikir tersebut dan menunggu sampai prestasimu bisa terlihat dengan sendirinya oleh atasanmu, karier kamu akan tertinggal oleh rekan kerjamu yang lebih aktif membanggakan dan mempromosikan dirinya dengan prestasi yang ditorehkan.

Jika kamu memiliki kecenderungan untuk malu dan mengecilkan prestasi kamu, ubah diri untuk lebih tegas dan berani menyampaikan apa yang terbaik dari dirimu, karena itulah jalan menuju kesuksesan.

Inti dari tiga poin di atas, meskipun selalu penting untuk mempelajari dan menaati suatu aturan main, kadang-kadang mempelajari bagaimana dan kapan untuk melanggarnya dalam konteks yang positif juga tak kalah penting. Setidaknya demi kebaikan kamu sendiri.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply