Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, November 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Hindari Kena Tipu dengan CekRekening.id

Foto Ilustrasi korban penipuan Dok. Fit for Work

Topcareer.id – Belakangan ini modus penipuan online makin marak dan sangat meresahkan masyarakat.

Seperti modus penipuan melalui sms yang meminta mengirim sejumlah uang ke nomor rekening tertentu. Atau modus penipuan yang dilakukan sejumlah toko online fiktif.

Namun kini masyarakat tak perlu kawatir, karena Kementerian Kominfo telah meluncurkan portal CekRekening.id yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana.

Melalui portal ini, masyarakat dapat melaporkan sekaligus melakukan cek rekening yang terindikasi tindakan penipuan apabila menerima permintaan transfer atau pembayaran uang dari pihak lain

Apa itu CekRekening.id ?

Cekrekening.id merupakan situs resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

Pengumpulan dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin berpartisipasi dan membantu sesama pengguna transaksi elektronik demi menciptakan lingkungan e-commerce yang sehat, aman, dan nyaman.

Rekening yang dilaporkan adalah rekening terkait tindak pidana seperti penipuan, investasi palsu, narkotika dan obat terlarang, terorisme dan kejahatan lainnya

Jadi selain berfungsi untuk mengecek nomor rekening, situs Cekrekening.id juga berguna untuk melaporkan tindak kejahatan yang berhubungan dengan transaksi online.

Bagaimana cara melakukan pengecekan nomor rekening di CekRekening.id?

  1. Buka website CekRekening.id
  2. Pilih Bank Rekening
  3. Masukkan nomor rekening yang anda curigai.
  4. klik tombol periksa rekening.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply