Topcareer.id – Selama ini kamu dan tim mengandalkan komunikasi urusan kantor di WhatsApp group? Well, jangan salah, itu bukan satu-satunya tool buat komunikasi antar karyawan. Apa saja yang lain?
Memang dibutuhkan komunikasi yang baik dan lancar untuk setiap urusan di kantor. Komunikasi tidak lancar dan pasti akan bikin situasi kerja menjadi rumit.
Namun jika kamu harus sering pergi ke meja rekan kerja yang mungkin berjauhan jaraknya atau beda lantai, akan sangat memakan waktu dan tenaga.
Mengutip Businessnewsdaily.com, kamu bisa coba chat tools berikut di kantor untuk membantu mempermudah komunikasi dengan rekan kerja di kantor tanpa harus sibuk mondar-mandir.
Baca juga: Wajib Tahu, Ini Trik dari Whatsapp Hentikan Sebar Berita Hoax
1.Slack
Selain obrolan satu-satu dan grup, Slack hadir dengan panggilan audio individu dan tim serta konferensi video. Pengguna dapat mengatur beberapa proyek, tim, dan item lainnya menggunakan tagar, serta berbagi file dengan drag and drop ke platform atau melalui Google Drive, Dropbox, dan layanan sharing file lainnya. Semua file dan obrolan disinkronkan, diarsipkan, dan dapat dicari untuk referensi di masa mendatang.
2. HipChat
HipChat hadir dengan pesan instan satu-satu, ruang obrolan grup, berbagi file, berbagi layar, dan konferensi video. Itu juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, Dropbox, Google Apps dan Salesforce. HipChat dapat diakses di mana saja menggunakan browser web, klien desktop, dan aplikasi seluler.
3. Microsoft Teams
Chat tools ini menciptakan ruang kerja berbasis obrolan yang berfokus pada kolaborasi waktu nyata. Ini termasuk obrolan, rapat, catatan, Office, Planner, dan lainnya. Microsoft Teams terlihat agak seperti Slack dan fungsinya mirip serta terintegrasi juga dengan layanan video Skype perusahaan, plus bisa mengundang tamu untuk bergabung dengan obrolan kamu.
4. Flowdock
Flowdock adalah platform obrolan dan kotak masuk yang memungkinkan tim berkolaborasi dan menjaga komunikasi mudah diakses di satu tempat. Chat tools ini menawarkan obrolan pribadi satu lawan satu dengan anggota tim individu, dan obrolan grup. Di sisi lain, fitur inbox timnya menyimpan dan mengatur email dan pesan yang terkait dengan manajemen proyek, dukungan pelanggan, dan sumber lainnya. Flowdock dapat diakses melalui web menggunakan aplikasi Windows atau MacOS dan pada perangkat iOS serta Android.
5. Campfire
Kamu cukup membuat ruang obrolan yang dilindungi password dan mengundang anggota tim untuk mengobrol. Pengguna dapat berbagi file dengan preview langsung di dalam ruang obrolan. File yang didukung PNG, JPG, GIF, Word, Excel dan PowerPoint. Layanan ini dilengkapi dengan tambahan seperti conference call, chat transcript, dan add-on untuk integrasi dengan software bisnis Windows dan Mac yang populer.
Baca juga: Ini Emoticon Whatsapp yang Banyak Disalahartikan. Termasuk Oleh Kamu?
6. Google Hangouts Chat
Hangouts dimulai sebagai layanan obrolan yang ramah konsumen, Google baru-baru ini menata ulangnya sebagai pembangkit tenaga bisnis yang menampilkan integrasi mendalam dengan rangkaian produktivitas G Suite (Drive, Documents, Spreadsheet, Slide, Calendar, email, dll). Untuk obrolan video, kamu bisa mengakses Hangouts Meet, dimana hingga 30 orang dapat bergabung dalam panggilan ini.
7. Facebook Workplace
Perusahaan ini menawarkan aplikasi desktop bernama Workplace Chat yang memiliki fitur berbagi layar, obrolan video grup hingga 50 orang dan siaran video langsung. Ini juga berfungsi di iOS dan Android. Facebook mengenakan biaya pada pengguna aktif bulanan. *
Editor: Ade Irwansyah