Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Wajib Tahu, Ini Trik dari Whatsapp Hentikan Sebar Berita Hoax

Aplikasi Whatsapp. (dok. Telegraph)

Topcareer.id – Kini penyebaran berita hoax pun semakin marak. Mulai dari hal yang tidak penting hingga hal krusial sudah semakin banyak beredar berita palsunya.

Tentu perlu langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran berita hoax. Sebagai masyarakat yang baik, kamu wajib untuk membantu menghentikan penyebaran berita hoax untuk keamanan, kenyamanan, dan ketertiban bersama.

Dikutip dari faq.whatsapp.com, berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan bersama.

Memahami kapan suatu pesan diforward
Pesan dengan label “Forward atau Teruskan” bisa membantu kita untuk menentukan apakah teman atau keluarga kita yang menulis pesan atau apakah pesan itu berasal dari orang lain. Periksa data dan fakta ketika kita tidak yakin siapa yang menulis pesan asli.

Baca juga: Palapa Ring Diresmikan, Kenapa Literasi Digital Kian Penting?

Periksa foto dan media dengan cermat
Foto, audio, dan video dapat diedit untuk menyesatkan kita. Lihatlah sumber berita tepercaya untuk melihat apakah berita itu dilaporkan di tempat lain. Ketika sebuah berita dilaporkan di banyak tempat dan dari banyak sumber terpercaya, kemungkinan berita itu benar.

Carilah pesan yang terlihat berbeda
Pesan atau link web yang dianggap mengandung tipuan atau berita palsu biasanya banyak memiliki kesalahan pengejaan. Cari tanda-tanda ini sehingga kamu bisa memeriksa apakah informasinya akurat.

Periksa bias kita
Perhatikan informasi yang mengkonfirmasi keyakinan kita yang sudah ada sebelumnya dan tinjau fakta sebelum berbagi informasi. Kisah-kisah yang tampaknya sulit dipercaya seringkali tidak benar.

Berita palsu sering menjadi viral
Bahkan jika sebuah pesan dibagikan berkali-kali, ini tidak menjadikannya benar. Jangan teruskan pesan hanya karena pengirim mendesak kita untuk melakukannya.

Verifikasi dengan sumber lain
Jika masih tidak yakin apakah pesan itu benar, mari kita cari fakta di internet dan periksa situs berita tepercaya untuk melihat dari mana berita itu berasal. Jika masih ragu, tanyakan kepada orang yang kompeten untuk informasi lebih lanjut.

Bantu hentikan penyebaran
Jika melihat sesuatu yang hoax, beri tahu orang yang mengirimkannya dan minta mereka memverifikasi informasi sebelum mereka membagikannya. Jangan membagikan pesan hanya karena seseorang memberitahu untuk melakukannya. Jika terus menerus dipaksa untuk menyebarkan berita palsu, segera laporkan pada pihak berwenang. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply