Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Gelar Tak Sesuai Bidang Pekerjaan? Coba Lakukan Hal Ini

Topcareer.id – Kamu mungkin telah memutuskan karier yang tidak sesuai dengan gelar yang kamu miliki. Tetapi itu bukan berarti kamu tidak bisa maju. Akan selalu ada keterampilan yang bisa kamu pelajari dan kuasai.

Meski ada beberapa gelar yang secara spesifik tidak dapat dibantah seperti kedokteran. Tetapi selain itu, semua tergantung sejauh mana kreativitasmu dan kemauanmu untuk mengembangkan diri.

Mengutip gradaustralia.com.au, Rabu (15/01/2020), berikut beberapa opsi yang bisa kamu lakukan untuk bisa tetap bersaing dalam pekerjaan yang tidak relevan dengan gelar yang kamu miliki.

  • Merubahnya
    Cara yang paling masuk akal dan mungkin juga paling mudah untuk kalibrasi ulang adalah dengan mengubah keterampilan kamu. Banyak kursus yang bisa kamu ambil agar kamu bisa memiliki skill yang relevan dan dibutuhkan perusahaan.
  • Studi pascasarjana
    Studi pascasarjana merupakan cara untuk mengikat kedua disiplin ilmu bersama-sama. Cari program pascasarjana yang memungkinkan kamu masuk berdasarkan apa yang kamu pelajari.
  • Magang
    Jika studi pascasarjana bukan jawaban, dan kamu tidak ingin gelar sarjanamu sia-sia. Jadilah karyawan magang sukarela terlebih dahulu untuk mengambil pengalaman. Setelahnya, kamu bisa mencoba melamar pekerjaan secara full time.
  • Belajar menjual diri sendiri
    Jika gelar kamu tidak pas untuk pekerjaan, letakkan uraian singkat di bagian atas CV dan ceritakan kisah kamu dalam paragraf. Pastikan kamu menyoroti setiap praktek dari langkah-langkah yang telah kamu ambil untuk mengatasi setiap masalah, beserta pencapaian terbaikmu.

Jika kamu berkomitmen untuk mewujudkan impian, kesalahan seperti masuk ke perusahaan dengan bidang yang tidak sesuai dengan gelar seharusnya tidak akan menghentikanmu. Tetaplah fokus, kreatif, dan jual skill kamu.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply