Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Perbedaan Robusta dan Arabika, Pecinta Kopi Harus Tahu!

Dok. Daily Coffee News

Topcareer.id – Meski sekilas terlihat sama, kopi jenis arabika dan robusta merupakan dua varietas yang berbeda. Sebagai pecinta kopi, mengetahui perbedaannya akan membantu kamu saat memilih kopi.

Dikutip dari thekitchn.com, Senin (20/01/2020), biji kopi arabika cenderung memiliki rasa yang lebih manis, lembut, dan ada sedikit rasa berry. Keasamannya juga lebih tinggi.

Sementara jenis robusta, memiliki rasa yang lebih keras, lebih pahit, dan mengandung kafein dua kali lebih banyak daripada biji kopi arabika.

Baca juga: Info Lowongan Kerja Bagi Kamu Pecinta Kopi

Robusta lebih mudah untuk tumbuh. Mereka bisa tumbuh pada ketinggian yang lebih rendah daripada arabika. Mereka juga tidak rentan terhadap hama dan kondisi cuaca, serta menghasilkan buah yang jauh lebih cepat daripada arabika.

Robusta ditanam secara eksklusif di belahan bumi timur, terutama di Afrika dan Indonesia. Sedangkan arabika tumbuh di Afrika dan Papua Nugini, tetapi juga dominan di Amerika Latin.

Kolombia hanya menghasilkan biji kopi arabika. Beberapa negara, seperti Brasil dan India bisa menghasilkan keduanya.

Baca juga: Manfaat Kopi: Mood Booster hingga Tekan Risiko Kematian

Di mata pecinta kopi, arabika lebih populer. Robusta umumnya dianggap memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan dengan arabika.

Kopi bubuk instan dan murah kebanyakan menggunakan kopi robusta. Namun, beberapa robusta juga berkualitas tinggi lho, terutama dalam espresso karena rasanya yang lebih kuat.

Pada akhirnya, semua kembali tentang selera pribadi. Jika ingin menikmati kopi dengan rasa yang lebih ringan dan tidak terlalu pahit, arabika bisa dijadikan pilihan. Sebaliknya, jika ingin kopi dengan rasa yang kuat, bisa memilih espreso dengan basic biji kopi robusta.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply