Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Kopi: Mood Booster hingga Tekan Risiko Kematian

Ilustrasi. Sumber foto: Inc.comIlustrasi. Sumber foto: Inc.com

Topcareer.id – Kopi. Aromanya secara psikologis dapat menenangkan dan menurunkan tingkat kecemasan. Bagi sebagian orang, mengonsumsi kopi merupakan kebiasaan harian sebelum mulai bekerja.

Walau ada sebagian orang yang menilai kopi bisa menyebabkan sulit tidur di malam hari dan merusak gigi, kopi juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara tidak berlebihan.

Mengutip vix.com, Rabu (23/10/2019), berikut ini ada beberapa manfaat yang baik dari kopi.

Meningkatkan energi
Kafein dalam kopi akan membantu kamu mengatasi perasaan grogi di pagi hari sebelum bekerja. Banyak uji coba terkontrol pada manusia yang menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Ini termasuk ingatan, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, dan fungsi kognitif umum.

Membakar lemak
Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakaran lemak komersial dan itu merupakan salah satu zat alami langka yang membantu pembakaran lemak.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat secara spesifik meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada orang yang obesitas dan 29% pada orang kurus.

Penuh nutrisi
Dengan meminum kopi pagi hari, kamu tidak hanya mendapatkan rasa manis (atau pahit), tetapi juga mendapatkan riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin.

Baca juga: Mau Nilai Ujian Lebih Tinggi? Cium Aroma Kopi

Mengurangi risiko kematian
Kedengarannya terlalu dramatis, tetapi inilah faktanya. Studi yang dilakukan AARP Diet And Health di Amerika terhadap lebih dari 400 ribu orang, menemukan bahwa partisipan yang minum satu cangkir kopi setiap hari mengurangi risiko kematian sebesar 6%. Minum dua hingga tiga cangkir mengurangi risiko sebesar 10%.

Mengurangi risiko terkena Alzheimer
Penyakit yang sangat melemahkan ini merupakan penyebab utama demensia dan penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko hingga 65% lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

Membuat merasa senang
Kopi membantu mengurangi risiko depresi dan mengangkat suasana hati. Dalam studi Harvard yang diterbitkan pada 2011, ditemukan bahwa wanita yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk depresi.

Kemudian penelitian dilakukan dengan 208.424 orang, dan ditemukan bahwa mereka yang minum setidaknya empat cangkir kopi per hari 53% lebih kecil kemungkinannya untuk bunuh diri.

Mengurangi rasa sakit
Menurut World of Caffeine, kafein memiliki efek CNS yang menghalangi pemrosesan sentral dari sinyal rasa sakit di otak dan meningkatkan efektivitas mekanisme penghilang rasa sakit alami tubuh.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply