Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ketika Kanker Payudara Menyerang Pria

Ilustrasi. (dok. Science News)

Topcareer.id – Tidak hanya menyerang wanita, kanker payudara juga bisa menjangkiti pria.

Semua orang, baik pria atau wanita, dilahirkan dengan beberapa sel dan jaringan payudara. Meskipun laki-laki tidak mengembangkan payudara penghasil susu, sel dan jaringan payudara pria masih dapat mengembangkan kanker.

Meski begitu, kanker payudara pria sangat jarang. Kurang dari satu persen dari semua kasus kanker payudara terjadi pada pria. Namun kanker payudara pada pria membawa angka kematian yang lebih tinggi daripada wanita, terutama karena kesadaran para pria lebih cuek.

Kanker payudara pada pria biasanya dideteksi sebagai benjolan keras di bawah puting dan areola.

Baca juga: Awas Kanker! Mulailah Kurangi 5 Makanan Ini

Faktor risiko kanker payudara berasal dari paparan radiasi, tingginya kadar hormon estrogen, dan riwayat keluarga dengan kanker payudara, terutama kanker payudara yang terkait dengan gen BRCA2.

Tanda dan gejala kanker payudara pada pria menunjukkan gejala yang sama seperti kanker payudara pada wanita, termasuk benjolan.

Baca juga: Ria Irawan (1969-2020), Aktris Peraih Citra dan Penyintas Kanker

Siapa pun yang memperhatikan sesuatu yang tidak biasa tentang payudaranya, baik pria atau wanita, harus segera menghubungi dokter.

Tingkat kelangsungan hidup dan pengobatan untuk pria dengan kanker payudara sangat mirip dengan wanita. Deteksi dini kanker payudara meningkatkan pilihan pengobatan dan seringkali mengurangi risiko kematian akibat kanker payudara. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply