Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Mengenal Aktuaria, Program Studi yang Tengah Jadi Primadona

Ilustrasi. (dok. Actuaries.digital)

Topcareer.id – Apa itu aktuaria? Hm, yang sudah nonton film animasi Zootopia (2016) mungkin masih ingat adegan awal saat Judy kelinci saat masih kecil bikin pertunjukan teater. Salah satu kawannya, seekor macan tutul bicara begini, “Aku tak perlu lagi berburu mangsa sendirian. Sekarang aku memburu pengecualian pajak; aku akan jadi seorang aktuaris!” Aktuaris adalah sebutan bagi orang yang bekerja di bidang aktuaria.

Tapi, sekali lagi apakah aktuaria itu?

Mungkin buat sebagian orang masih terdengar asing. Meski begitu program studi ini ternyata banyak diminati para calon mahasiswa dan kini menjadi primadona.

“Dalam 2-3 tahun terakhir ini ada program studi (prodi) yang tergolong baru, dengan peminat yang tinggi, yaitu Aktuaria.” ungkap Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Kisah Lebah Mencari Ibunya, Jadi Maskot Alfamart dan Diterima CPNS Ditjen Pajak

Prodi Aktuaria

Aktuaria merupakan gabungan antara akuntansi, matematika dan pemrograman komputer yang diperuntukan untuk pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang dengan cara memprediksi dan mencari peluang.

Prospek kerja untuk para lulusan Aktuariapun cukup menjanjikan. Bagaimana tidak Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 426/KMK.06/2003, pemerintah mengharuskan setiap perusahaan asuransi jiwa mengangkat paling sedikit 1 aktuaris yang sudah tersertifikasi. Nah, kebayangkan bagaimana peluangnya di era saat ini?

Baca juga: Omnibus Law Ditargetkan Rampung Sebelum 100 Hari Kerja

Di Indonesia sendiri program ini hanya baru ada di beberapa universitas seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Walaupun prodi ini tengah menjadi primadona, diakui Budi pada dasarnya semua program studi itu bagus. Namun setiap individu atau lulusannya harus punya nilai tambah agar memiliki keunggulan dibanding yang lain. Mau jadi seorang aktuaris? *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply