- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, February 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Anak Susah Makan? Alat Makan Menarik Solusinya

Ilustrasi. (dok. Splendid Table)

Topcareer.id – Jika si kecil mengalami kesulitan menyantap dan menghabiskan makanannya, maka peran orangtua sangat penting untuk dapat mengatasai permaslahan ini.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah pemilihan peralatan makanan yang mampu menarik perhatian si kecil dan meningkatkan semangat untuk melahap makanan yang disajikan.

Menurut studi yang dilakukan oleh Cornell University seperti dilansir Science Daily, ditemukan bahwa tampilan wadah makanan dapat menarik perhatian anak secara lebih signifikan sehingga mempengaruhi nafsu makan mereka.

Baca juga: Awas Kanker! Mulailah Kurangi 5 Makanan Ini

Sekelompok peneliti dari University of Oxford pun menjelaskan bahwa pemilihan alat makan dapat mempengaruhi cara seseorang menikmati makanan.

Dr. Vanessa Harrar yang turut terlibat menjalankan studi ini menjelaskan, “Mengubah implementasi makanan dan peralatan makan dapat mempengaruhi kenikmatan, kepuasan serta tampilan makanan. Jadi, ketika mempersiapkannya, kita patut mengingat bahwa warna makanan tampak berbeda bergantung dengan latar wadah (piring atau alat makan) yang digunakan untuk mempresentasikan makanan, sehingga juga dapat mengubah rasa.”

Upaya yang dapat orangtua lakukan untuk anak, yakni menyediakan alat makan berwarna ceria dan menarik perhatian.

Salah satunya seperti yang disediakan Philips AVENT berupa Toddler Meal Time Set SCF716-00. Terdapat satu set peralatan makan yang terdiri dari satu piring dengan pembatas makanan, satu mangkok besar, satu mangkok kecil, garpu dan sendok. Menariknya, peralatan makan ini dihadirkan dengan sentuhan warna ceria dan ilustrasi menarik berupa kelinci dan domba.

Sambil makan, anak pun dapat belajar mengenal angka atau mengasah kemampuan berhitung bersama angka-angka yang terdapat pada tepi piring dan mangkok. Bahan yang ringan pun mempermudah anak menggengam dan menggunakan alat makannya sendiri.

Ini semua dapat menjadi upaya efektif meningkatkan nafsu makan anak sekaligus mengajaknya makan dengan cara menyenangkan sekaligus edukatif. *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply