Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, July 14, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Emas dan Platinum Bukan Jenis Logam Termahal di Dunia. Lalu Apa?

Californium. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Kebanyakan orang menganggap unsur logam paling mahal di dunia adalah emas atau platinum. Anggapan itu salah.

Memang kedua logam tersebut tergolong dalam logam mulia, tapi tidak berarti mereka yang paling mahal. Dan semuanya dapat dikalahkan oleh satu logam, Californium.

Mengutip William-rowland.com, Kamis (23/01/2020) Californium adalah logam tanah langka dan tidak terjadi secara alami di planet bumi.

Unsur kimia Californium. (dok. Stok)

Californium adalah unsur kimia logam radioaktif dengan simbol Cf dan nomor atom 98. Satu gram Californium senilai USD27 juta atau sekitar Rp 376 miliar.

Baca juga: BKPM Dengarkan Curhatan Kendala Investasi Bidang Smelter

Unsur ini pertama kali dibuat pada 1950-an di Laboratorium Radiasi Universitas California di Berkeley, maka dinamai Californium yang diambil dari asalnya. Ini adalah logam aktinida perak / putih dengan titik lebur 900 ± 30 ° C.

Ini juga sangat radioaktif dan hanya satu mikrogram Californium dapat melepaskan hingga 170 juta partikel neutron setiap menit.

Californium memancarkan sejumlah besar neutron sehingga ideal untuk tujuan deteksi dalam proses analitis atau untuk menemukan emas dan perak dalam bijih logam.

Selain itu californium juga digunakan untuk mengobati jenis kanker tertentu di mana perawatan radiasi lain kurang efektif. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply