- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, February 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Mitos yang Menghantui Seputar Penerimaan Mahasiswa Baru.

Ilustrasi Mahasiswa (dok. blog.cengage.com)

Topcareer.id – Ketika datang musim penerimaan mahasiswa baru, ada banyak kecemasan dan kebingungan menghampiri soal dunia baru yang akan dimasuki. Apalagi mendengar info berseliweran soal penerimaan mahasiswa baru, beberapa di antaranya mungkin mitos.

Berikut beberapa mitos yang paling umum dalam proses penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi, seperti dalam laman College Express.

Mitos # 1: Ambil kelas yang mudah untuk mempertahankan IPK tinggi

Beberapa siswa menghindari jenis kelas tertentu karena mereka takut merusak catatan akademis mereka yang sempurna. Namun, perguruan tinggi menyukai siswa yang mendaftar untuk kursus yang menantang karena itu menunjukkan bahwa mereka menyambut stimulasi intelektual, mereka tidak takut akan tantangan, dan mereka dapat melakukannya dengan baik di bawah lingkungan akademis yang ketat.

Mitos # 2: Daftar panjang kegiatan ekstrakurikuler selalu mengesankan

Kamu tahu bahwa keterlibatan ekstrakurikuler itu penting. Kamu mungkin pernah mendengar info soal mahasiswa yang tampak cemerlang dengan segudang kegiatan ekstrakulikulernya. Mulai dari klub olahraga sampai keorganisasian.

Sayangnya, banyak siswa yang salah mengerti saran ini. Daftar panjang kegiatan ekstrakurikuler hanya mengesankan selama keterlibatannya bermakna. Komitmen serius dalam satu bidang pasti akan lebih baik dibanding partisipasi rendah dalam beberapa bidang.

Mitos # 3: Perguruan tinggi menginginkan siswa yang berpengetahuan luas

Berapa banyak darimu yang pernah mendengar mitos ini dari penasihat sekolah? Di setiap presentasi persiapan kampus, konselor menekankan pentingnya menjadi orang yang berpengetahuan luas.

Ya, tak ada salahnya menjadi seseorang dengan pengetahuan luas, tapi perguruan tinggi tidak mengharapkan setiap siswa untuk menjadi Leonardo da Vinci berikutnya. Itu akan konyol. Sebagai gantinya, perguruan tinggi mencari kelas yang lengkap. Inilah mengapa kamu harus berusaha untuk unggul dalam satu bidang, bidang yang paling kamu minati.

Mitos # 4: Bersikaplah sopan saat menulis lamaran masuk kuliah

Kamu tidak ingin terdengar sombong, tentu saja, tetapi pada saat yang sama, kamu tidak boleh mengecilkan arti penting dari prestasimu. Aplikasi kuliah adalah kesempatan langka untuk menyombongkan tentang pencapaian luar biasa. Berbanggalah, dan tunjukkan kepada perguruan tinggi tersebut.

Mitos # 5: Petugas penerimaan tidak pernah memeriksa akun sosial mediamu

Kamu mungkin berpikir mereka tidak punya waktu untuk menyelidiki masing-masing akun Twitter, facebook, instagram, youtube, dari pemohon. Tapi tak selamanya begitu. Beberapa perguruan tinggi memiliki tim penerimaan yang hanya dikhususkan untuk memeriksa media sosialmu.

Mitos # 6: Kamu tidak akan pernah bisa masuk ke perguruan tinggi impian

Buang mitos ini jauh-jauh sekarang juga. Kamu telah belajar keras selama 11 atau 12 tahun terakhir dalam hidupmu, dan tidak ada hambatan yang tidak dapat diatasi. Teruslah berjuang untuk impianmu, agar kamu dapat mewujudkannya.*(rw)

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply