Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kesalahan yang Bikin CV Tampak dari Zaman Old (Bagian 2)

Ilustrasi. (Dok, Jobhouse)

Topcareer.id – Sebagai pemburu kerja yang lebih tua dan lebih berpengalaman, tidak cukup hanya mengandalkan CV atau resume zaman old. Apalagi hanya mengubah beberapa tanggal dan deskripsi ketika kamu akan mulai mencari posisi baru.

Gaya dan desain resume yang jadul dapat membuatmu terlihat seperti manusia prasejarah untuk sekarang. Untuk memastikan CV yang kamu kirim tidak terlihat dari zaman dinosaurus, jangan buat delapan kesalahan ini di resume atau CV-mu.

Kesalahan No. 5: Membuat perusahaan susah mencari tahu kamu

Menautkan alamat email akan membuat lebih mudah bagi perusahaan untuk menghubungimu jika wawancara. Plus, sertakan tautan ke profil LinkedIn dan akun media sosial lainnya yang kamu gunakan secara profesional.

Jika kamu berada di bidang kreatif, seperti desain grafis, tautkan langsung ke portofolio online atau sampel pekerjaan.

Baca juga: CEO Uber Beri Rekomendasi Studi yang Wajib Dipelajari Apapun Tujuan Kariermu

Kesalahan No. 6: Kamu menyoroti tujuan karier

“Masih memiliki tujuan di bagian atas resume Anda? Singkirkan itu,” kata Dawn Bugni, seorang penulis resume profesional di Atkinson.

Alih-alih memimpin dengan apa yang kamu cari dalam pekerjaan, fokuslah pada kebutuhan calon atasan dengan menulis ringkasan karier sebagai gantinya. Bagian ini harus menjelaskan secara singkat (kira-kira 50 kata), keterampilan dan pengalaman apa yang kamu miliki, dan bagaimana kamu akan menambah nilai bagi perusahaan.

Itu juga harus memiliki judul yang menggambarkan profesi dan tingkat pengalamanmu.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal Saat Wawancara Kerja Menurut CEO

Kesalahan No. 7: Kamu sangat memperhatikan usia

“Banyak pencari kerja melakukan kesalahan dengan mengungkapkan usia mereka dengan memasukkan tanggal kelulusan kuliah mereka pada resume mereka,” kata Christopher Ward, salah satu pendiri di Myer Resumes.

Pendekatan terbaik, kata dia, adalah dengan membiarkannya begitu saja. Itu mungkin tidak menyelesaikan masalah, tentu saja. Dalam survei AARP, 44% responden yang telah melamar pekerjaan baru dalam dua tahun terakhir dilaporkan ditanya usia atau tahun kelulusan mereka.

Kesalahan No. 8:  Tak masukkan referensi

Resume zaman dulu ada frasa “referensi tersedia atas permintaan.” Jangan lakukan itu hari ini. Perusahaan potensial mengharapkanmu untuk bisa segera memberikan referensi yang bisa dihubungi. Kamu tidak perlu menyia-nyiakan ruang pada resume dengan menuliskannya. *

Leave a Reply