Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTips Karier

6 Cara Survive di Tempat Kerja Baru

Topcareer.id – Ketika akan bekerja di tempat baru, sebaiknya kamu menyiapkan diri untuk menghadapi segala tantangan yang mungkin terjadi. Mulailah ketahui bagaimana jadwal dan peranmu di sana sebaik mungkin.

Kamu mungkin memiliki ide bagus tentang apa yang akan kamu lakukan. Tetapi hal-hal khusus tentang rutinitas harian seperti dengan siapa kamu bekerja, serta prosedur seperti apa yang akan kamu ikuti juga harus diperhatikan.

Seperti dilansir dari businessnewsdaily.com, Kamis (30/01/2020), berikut beberapa cara untuk survive di tempat baru.

Raih banyak informasi
Salah satu aspek tersulit dalam memulai pekerjaan baru adalah tuntutan untuk menyamai kinerja anggota tim yang lain, terutama jika kamu merupakan pengganti seseorang.

Memang, manajer akan memahami bahwa kamu butuh belajar dan menggali informasi sebanyak-banyaknya. Namun, bisnis tidak bisa menunggu terlalu lama. Karena itu, sebagai karyawan baru, kamu harus siap dihujani banyak informasi dan memahaminya dengan segera.

Siap mengerjakan apapun
Beberapa karyawan baru biasanya akan menghadapi pekerjaan yang berlebihan. Jika manajer atau sesama anggota tim memiliki jadwal yang sangat padat, kemungkinan kamu akan banyak melakukan tugas-tugas yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu.

Meski sedikit melelahkan, semua itu akan membantumu untuk belajar. Jadi jangan hanya duduk terdiam menunggu pekerjaan, beranilah untuk mengambil inisiatif dan meminta pekerjaan.

Temukan keseimbangan antara kepercayaan dan kesombongan
Berpartisipasi sejak awal menunjukkan bahwa kamu tertarik berkolaborasi dengan kolega dan membantu perusahaan. Namun, ada garis tipis antara kepercayaan pada ide dan kesombongan.

Karyawan senior cenderung tidak menyukai pemula yang bertingkah seperti sudah tahu segalanya. Kamu akan dianggap sombong meskipun baru saja mulai.

Bertemu dengan rekan baru
Ada banyak rekan kerja yang akan bersikap ramah dan memperkenalkan diri di hari pertama. Tetapi, jika ingin membentuk ikatan yang langgeng dengan teman kantor baru, kamulah yang harus sering melakukan percakapan.

Mungkin sulit untuk mengingat banyak nama dan wajah, apalagi detail pribadi tentang kolega baru. Segera tambahkan orang ke kontak telepon segera setelah bertemu mereka. Dengan begini bisa membantumu untuk lebih baik dalam mengingat mereka

Belajar dinamika tim
Sebagai karyawan baru, kamu bertanggung jawab untuk mempelajari gaya komunikasi dan pekerjaan yang disukai kolega terdekat. Dengan begitu, kamu dapat menemukan tempat untuk diri sendiri dalam dinamika mereka saat ini.

Menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan
Begitu bergabung, kamu perlu merangkul budaya perusahaan untuk benar-benar menjadi bagian darinya. Atasan juga harus membantu karyawan baru merasa diterima dan dilibatkan sejak awal masa jabatan mereka.

Selain itu, manajer harus siap umelatih dan memprakarsai karyawan baru dan memberikan banyak umpan balik untuk mendorong mereka.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply